Kemampuan Nurturing Iconic Product Innovation pada Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Produk Kerajinan Bahan Baku Alam di Jawa Tengah"

Retnawati, Berta Bekti and IRMAWATI, BERNADETA and LEONG, HIRONIMUS (2019) Kemampuan Nurturing Iconic Product Innovation pada Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Produk Kerajinan Bahan Baku Alam di Jawa Tengah". PDUPT Ristek Dikti tahun anggaran 2019, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Kemampuan Nurturing Iconic Product Innovation pada Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Produk Kerajinan Bahan Baku Alam di Jawa Tengah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai penelitian terkait peningkatan kinerja pemasaran secara umum dan secara khusus untuk keunggulan bersaing pada usaha kecil dan menengah telah dilakukan dengan menghubungkan dengan inovasi. Namun demikian masih terdapat kontradiksi hasil hubungan antara inovasi dan keunggulan bersaing. Adanya research gap yang ada dibutuhkan satu pemodelan yang akan menjembatani gap riset tersebut. Dalam fenomena bisnis, industri kreatif memiliki keunikan dimana sebagian besar ditopang oleh faktor sosial, budaya, kearifan lokal, kelestarian lingkungan, dan keunikan lainnya yang digabungkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga industri ini. Di Jawa Tengah sendiri ada beberapa wilayah yang memiliki sentra-sentra kerajinan berbahan baku alam yang layak untuk semakin dikembangkan seperti Kabupaten Semarang dengan jenis industri berbahan baku eceng gondok, Pekalongan dengan kerajinan tenun dari akar wangi dan mendong, Kebumen dengan industri kerajinan berbahan baku sabut kelapa dan biji jenetri, Purworejo dengan kerajinan bambu, Magelang dengan kerajinan mendong dan jenetri, serta Banjarnegara dengan kerajinan berbahan baku pelepah jagung, daun lontar, dan keramik. Permasalahan penelitian ini adalah adanya riset gap yang ditunjukkan oleh penelitian-penelitian sebelumnya dari inovasi terhadap keunggulan bersaing untuk menuju pengoptimalan kinerja pemasaran, sehingga masih perlu dieksplorasi pada industri kerajinan berbahan baku alam sebagai industri yang memiliki potensi sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi dalam kendala-kendala usaha yang ada. Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji model penelit ian yang sudah dilakukan secara empirik berkaitan dengan inovasi produk dan keunggulan bersaing untuk menuju kinerja pemasaran yang optimal, dibutuhkan satu pemodelan yang akan menjembatani gap riset tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini akan diajukan satu konsep sebagai novelty pemodelan. Urgensi penelitian ini memberikan kontribusi teoritis berkenaan dengan pemikiran baru tentang kebaruan konsep yakni nurturing iconic product innovation yang berperan dalam peningkatan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran bagi produk kreatif berbahan baku alam ini. Dalam praktek manajerial penelitian ini akan bermanfaat bagi pelaku usaha industri kerajinan pentingnya penguatan nurturing iconic product innovation dalam meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran industri kerajinan berbahan baku alam di Jawa Tengah Hasil penelitian ini akan menjadi kontribusi sebagai bahan pertimbangan dan kebijakan pemerintah dan pelaku usaha. Setiap tahun ada satu artikel di-accepted pada jurnal internasional bereputasi. Pada tahun pertama, penelitian ini akan mengidentifikasi kondisi eksisting industri kerajinan berbahan baku alam pada skala usaha menengah dan kecil mencakup ukuran perusahaan, lama beroperasi, kepemilikan, permasalahan dan kekuatan yang dimiliki, dan proses kreatif dalam inovasi produk. Pada tahun pertama luaran selain publikasi jurnal juga paper untuk temu ilmiah internasional dan nasional. Pada tahun kedua, model keseluruhan akan diuji dengan kebaruan konsep (novelty) yaitu nurturing iconic product innovation dengan melihat pengaruh dari inovasi produk dengan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran usaha dengan mempertimbangkan variabel lain yakni orientasi pasar dan pendekatan proaktif yang dipertimbangkan bisa memberi pengaruh pada model keseluruhan ini. serta draft buku ajar mengenai Inovasi Produk Ikonik Kearifan Lokal. Pada tahun ketiga akan dilakukan evaluasi pengujian model sebagai upaya peningkatan kinerja pemasaran UMKM dengan analisis produktivitas dan teknologi tepat guna dengan melakukan pemasaran e-commerce. Publikasi pada jurnal internasional dengan target di Jurnal Quality Innovation Prosperity, Business Strategy Series dan Asia Pasific Management Review

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Berta .
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:25
Last Modified: 28 Jun 2022 04:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item