"Kapabilitas Manuver Penetrasi Pasar UMKM Industri Pengolahan Pangan Berbasis Hasil Laut di Jawa Tengah"

Retnawati, Berta Bekti and Retnaningsih, Christiana (2019) "Kapabilitas Manuver Penetrasi Pasar UMKM Industri Pengolahan Pangan Berbasis Hasil Laut di Jawa Tengah". Penelitian Dasar Kompetitif Nasional Ristek Dikti tahun anggaran 2019:, Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Orientasi kewirausahaan mengacu pada proses, praktik, dan pengambilan keputusan untuk mendorong hasil baru yang memiliki cirikhas aspek kewirausahaan. Kelima aspek tersebut adalah inovatif, tindakan proaktif, berani mengambil risiko, otonomi dan bersaing secara agresif Tindakan seorang entrepreneur mengacu pada perilaku dalam keputusan kondisi ketidakpastian, dengan tindakan sigap melihat peluang untuk mendapatkan hasil maksimal. Pengalaman dan pembelajaran pada entrepreneurial action dan organizational learning menjadi faktor kunci mengelola dinamika situasi. Kapabilitas tindakan entrepreneurial actions penting bagi pelaku usaha untuk mengembangkan produk baru, proses baru, organisasional baru melalui modifikasi maupun merekonfigurasi sumber daya, serta mengatasi kecepatan perubahan pasar. Riset empirik sebelumnya masih ada hasil kontradiktif pengaruh orientasi kewirausahaan pada kinerja pemasaran, dilakukan pada perusahaan usaha menengah dan kecil. Masih ada research gap tersebut menyisakan kontradiksi sehingga diperlukan kebaruan variabel (novelty) untuk menjembatani hasil yang berbeda tersebut. Dalam fenomena bisnis potensi kelautan dan perikanan di Jawa Tengah sangat besar. Adapun sentra-sentra UMKM pengolah hasil laut tersebar di beberapa kota di Jawa Tengah. Berbagai permasalahan yang dihadapi industri kecil pengolahan hasil laut terkendala pada produk belum memiliki PIRT, produk belum cukup marketable, dikarenakan minimnya peralatan dan teknologi pengolahan dan pengemasan, belum mampu melakukan diversifikasi rasa dan kemasan sehingga dapat dipasarkan ke beberapa segmen pasar, perluasan pasar dan media promosi yang dirasa masih terbatas, khususnya belum menggunakan sosial media dengan baik dan jaringan pasar yang belum tertata, serta keterbatasan pengetahuan mengolah tangkapan hasil laut dan manajemen usaha kecil/skala rumah tangga. Kajian empirik tentang orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran UMKM serta fenomena bisnis pentingnya peningkatan kinerja UMKM industri pengolahan hasil ikan menjadikan penelitian ini penting dan relevan dilakukan. Kebaruan variabel (novelty) yakni kapabilitas manuver penetrasi pasar menjadi jembatan dalam mengelaborasi kontradiksi hasil penelitian tentang orientasi kewirausahaan dengan kinerja pemasar UMKM. Urgensi penelitian ini memberikan kontribusi teoritis berkenaan dengan pemikiran baru tentang kebaruan konsep (novelty) yakni kapabilitas manuver penetrasi pasar yang berperan dalam peningkatan kinerja pemasaran bagi industri pengolahan pangan berbasis hasil laut. Penelitian ini bermanfaat dalam praktek manajerial dan penelitian ini akan menjadi kontribusi sebagai bahan pertimbangan dan kebijakan pemerintah dan pelaku usaha. Adapun luaran pada setiap tahun penelitian adalah sebagai berikut: tahun pertama, penelitian ini akan mengidentifikasi kondisi eksisting industri pengolahan pangan berbasis hasil laut. Pada tahun pertama luaran yang dibuat adalah paper untuk temu ilmiah internasional dan nasional, serta satu artikel jurnal internasional bereputasi. Pada tahun kedua, selain artikel jurnal internasional, model keseluruhan akan diuji dengan kebaruan konsep (novelty) yaitu kapabilitas manuver penetrasi pasar dengan melihat pengaruh dari orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran usaha dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang dipertimbangkan bisa memberi pengaruh pada model keseluruhan ini. Pada tahun ketiga ada luaran buku ajar berkaitan dengan strategi pemasaran industri pengolahan pangan berbasis hasil laut juga akan dilakukan evaluasi pengujian model sebagai upaya peningkatan kinerja pemasaran dengan analisis produktivitas dan teknologi tepat guna dengan melakukan pemasaran e-commerce. Target publikasi jurnal internasional bereputasi pada Journal of General Management, Journal of Food Products Marketing, dan Management.

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Berta .
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:23
Last Modified: 18 Nov 2020 03:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22793

Actions (login required)

View Item View Item