Kajian Daya Dukung Ujung Dan Selimut Pondasi Tiang pancang Berdasarkan Pemancangan Menggunakan HSPD (Studi Kasus : Kota Semarang)

Wahyuni, Maria (2015) Kajian Daya Dukung Ujung Dan Selimut Pondasi Tiang pancang Berdasarkan Pemancangan Menggunakan HSPD (Studi Kasus : Kota Semarang). Kajian Daya Dukung Ujung Dan Selimut Pondasi Tiang pancang Berdasarkan Pemancangan Menggunakan HSPD (Studi Kasus : Kota Semarang). ISSN ISBN : 978-602-17221-3-8

[img] Text
58119921172015G1_PROCEEDING PIT HATTI GSL 2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)

Abstract

Pondasi tiang pancang untuk bangunan tingkat tinggi di tengah-tengah pemukiman pada penduduk masih banyak menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan kepraktisan material pondasi itu sendiri dan dari segi pelaksanaannya. Pelaksanaan pemancangan yang dimaksud adalah digunakannya alat HSPD . Alat ini selain memiliki kekurangan, ternyata memiliki kelebihan yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah digunakannya manometer yang dapat dikonversi untuk memprediksi daya dukung ultimit pondasi tiang pancang. Kajian ini membahas daya dukung ujung dan selimut pondasi tiang pancangmenggunakan alat ini. Adapun dasar yang digunakan sebagai pembanding adalah analisis daya dukung pondasi tiang pancang menggunakan beberapa metode dan hasil dari uji beban aksial tekan. Hasil menunjukkan bahwa daya dukung selimut tiang lebih dominan dibanding daya dukung ujung tiang. Kondisi ini agak tidak selaras dengan hasil analisis menggunakan metode Meyerhof yang menunjukkan lebih dominan daya dukung ujung tiang.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:47
Last Modified: 24 Nov 2020 04:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22398

Actions (login required)

View Item View Item