Desain dan Implementasi Alat Pengukur Ketegangan Otot

Setiawan, Florentinus Budi (2014) Desain dan Implementasi Alat Pengukur Ketegangan Otot. Desain dan Implementasi Alat Pengukur Ketegangan Otot.

[img] Text
58119941502014G1_Oxa IRWNS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Makalah ini membahas tentang penggunaan dan pembuatan dari Electromyografi atau alat pengukur ketegangan otot yang ditampilkan pada VA atau Virtual Analyzer yang menggunakan jack 3.5 mm mic pada computer / laptop yang menampilkan kontraksi dari otot ketika otot itu meregang ataupun relaks dan dapat ditampilkan kedalam perangkat lunak dari Tablet, Smartphone, dll. dan setelah itu pengujian dil;akukan di tangan, perut dan leher, setelah itu kita lakukan perbandingan karena alat ini memiliki 5 fase penampilan jadi kita dapat melihat keluaran sinyal dari filter VB, VC, VD dan VE. Agar bisa menampilkan perbedaan dari sinyal keluaran yang telah melewati berbagai filter dan yang tidak melewati filter, dan membuktikan bahwa sinyal EMG yang dihasilkan ketika otot berkontraksi. jadi total alat dapat menampilkan 5 sinyal untuk keadaan relaks dan 5 sinyal untuk keadaan tegtang dalam 5 filter berbeda dalam 1 pengujian di 1 titik tubuh misalnya tangan, namun 1 orang dapat di uji di 2 titik misal di leher dan di tangan.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Applied Engineering > Electronic Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: ms F. Dewi Retnowati
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:03
Last Modified: 24 Nov 2020 04:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22308

Actions (login required)

View Item View Item