PERANAN EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH MANAJEMEN TALENTA TERHADAP KETERLEKATAN KARYAWAN MILENIAL INDUSTRI HOTEL DI KOTA SEMARANG

SANTOSO, THOMAS BUDI and ELYADI, RUDY and FERIJANI, AGATHA PERANAN EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH MANAJEMEN TALENTA TERHADAP KETERLEKATAN KARYAWAN MILENIAL INDUSTRI HOTEL DI KOTA SEMARANG. JURNAL EKONOMI. (Unpublished)

[img] Text
P3M PAYUNG_PROPOSAL PENELITIAN_THOMAS_EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan topik penelitian ini diinspirasi oleh sebuah naskah yang diangkat dalam majalah Swa Online pada tanggal 2 Januari 2016. Naskah tersebut mengemukakan adanya 10 isu strategis bidang MSDM di Indonesia, yakni: (1) talent management; (2) leader succession planning; (3) people development; (4) employee engagement; (5) generation y / millennial issue; (6) diversity management; (7) adaptive organizational design; (8) adaptive corporate culture; (9) technological tools for hr management; (10) industrial relation initiative (Sugiarsono, 2016). Di antara 10 (sepuluh) isu strategis dalam bidang MSDM di Indonesia, manajemen talenta, kepemimpinan, keterlekatan karyawan pada organisasi, serta eksistensi generasi milenial dalam dunia kerja merupakan empat isu yang diangkat dalam penelitian ini.Sejalan denganRencana IndukPenelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UniversitasKatolikSoegijapranata 2015- 2019,judulpenelitian‘Peranan Efektivitas Kepemimpinan Sebagai Mediator Pengaruh Manajemen Talenta Terhadap Keterlekatan Karyawan Milenial Hotel di Semarang”kiranya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bidang strategi LPPM: ‘Peningkatan kualitas SDM (Sumberdaya Manusia)’. Ada dua pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini: (1) Bagaimana deskripsi efektivitas kepemimpinan, manajemen talenta, dan keterlekatan karyawan pada organisasi tempat mereka berkarya; dan (2) bagaimana peranan efektivitas kepemimpnan sebagai moderator pengaruh menajemen talenta terhadap keterlekatan karyawan milinial pada industri perhotelan di Kota Semarang. Penelitian ini akan dilaksanakan di Kota Semarang. Tim peneliti memilih 6 (enam) buah hotel berbintang 4 ke atas. Alasannya adalah bahwa ada 6 (enam) mahasiswa yang terpayungi dalam penelitian ini. 2) di Kota Semarang akhir-akhir ini bertumbuhan hotel-hotel berbintang. Sebagai industri yang bergerak di bidang hospitalitas yang membutuhkan penanganan personil (SDM) yang kuat, termasuk pengembangan talenta dan keterlekatan karyawan pada organisasi (institusi) tempat mereka berkarya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pengelolaan hotel dan pengembangan khasanah penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Thomas Budi Santoso
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:45
Last Modified: 24 Sep 2020 03:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22277

Actions (login required)

View Item View Item