PERAN DAN KEDUDUKAN HUKUM DOKTER KELUARGA DALAM PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA ASURANSI KESEHATAN (PT ASKES PERSERO) DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Lestari, Puji and YUSTINA, ENDANG WAHYATI and SARWO, YOHANES BUDI (2017) PERAN DAN KEDUDUKAN HUKUM DOKTER KELUARGA DALAM PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA ASURANSI KESEHATAN (PT ASKES PERSERO) DI KABUPATEN TEMANGGUNG. SOEPRA Jurnal Hukum Kesehatan, 3 (2). pp. 229-245. ISSN 2548-818X (media online)

[img] Text (FULLTEXT)
13 PERAN DAN KEDUDUKAN HUKUM DOKTER KELUARGA (ok).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SURAT TUGAS)
ST_III A 3 g012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (Plagiarismcheck)
report 13 PERAN DAN KEDUDUKAN HUKUM DOKTER KELUARGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
Official URL: http://journal.unika.ac.id/index.php/shk

Abstract

Pemerintah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada tingkat primer melalui pelayanan dokter keluarga, yang dilaksanakan oleh PT.Askes (Persero). Metode penelitian menggunakan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ketentuan hukum belum diatur. Peran dan kedudukan hukum dokter keluarga masih mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang mengatur tentang dokter dan dokter gigi. Pengaturan dokter keluarga secara khusus belum ada. Kewenangan dokter keluarga sama dengan dokter dan dokter gigi. Akibat hukum dari kedudukan hukum antara dokter keluarga hubungannya dengan PT. Askes yang tidak jelas sehingga dokter keluarga tidak terlindungi secara hukum. Pelaksanaan pelayanan dokter keluarga pada peserta askes sama dengan pasien umum, pelayanan kesehatan mengacu pada perjanjian kerjasama antara dokter keluarga dengan PT. Askes (Persero). Kesimpulannya adalah pengaturan tentang dokter keluarga belum ada sehingga tidak ada perlindungan hukum dalam melaksanakan pelayanan kesehatan bagi peserta askes. Pelaksanaan praktik dokter keluarga askes tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Public Finance > Insurance
Divisions: Journal Publication
Depositing User: ms Endang Wahyati
Date Deposited: 15 Sep 2020 14:35
Last Modified: 05 Nov 2020 07:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item View Item