DIGITALISASI CRM: LINKING CUSTOMER-FARMER

Stefani Lily Indarto, Lily and Sih Mirmaning Damar Endah, Endah and Stephana Dyah Ayu, Ayu (2019) DIGITALISASI CRM: LINKING CUSTOMER-FARMER. Kepel Press, Yogyakarta. ISBN 978-602-356-289-3

[img] Text
58119982132019G1_buku DIGITALISASI CRM-lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produk akan laku di pasaran apabila memperhitungkan kebutuhan pasar, dan mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif. Apabila layanan yang diberikan ke konsumen tidak baik, maka konsumen akan berpindah ke tempat lain. Untuk itu perlu dilakukan pembenahan dari sisi proses produksi, logistik, distribusi dan stok persediaan, manajemen kualitas sumber daya manusianya, invoice dan akuntansinya, serta loyalitas konsumen terhadap produk yang dihasilkan, sehingga meskipun di luaran sana banyak sekali pesaing yang bermunculan dengan ide-ide baru dan inovasinya yang membuat konsumen mempunyai banyak pilihan, tidak akan menjadikan konsumen berpindah ke tempat lain. Salah satu sistem yang menjadikan konsumen loyal terhadap produk yang dihasilkan adalah dengan mengkolaborasikan pemanfaatan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) yang mengintegrasikan penanganan dari sisi internal dan eksternal, sehingga kepuasan konsumen dapat terkontrol. Tujuan penyusunan buku ini untuk memberikan gambaran mengenai proses bisnis dan pentingnya penerapan ERP dan CRM dalam bidang Pertanian yang memanfaatkan media internet untuk menghubungkan konsumen, petani dan koordinator petani, sehingga proses bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Book
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 004 Data processing & computer science
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Ms S. Lily Indarto
Date Deposited: 15 Sep 2020 08:47
Last Modified: 15 Sep 2020 08:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22145

Actions (login required)

View Item View Item