Pengembangan Strategi Memajukan UMKM Bidang Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Potensi Wilayah Kawasan Wisata Kabalong Pekalongan

SUSILOWATI, MG. WESTRI KEKALIH and YUSTINI, RETNO and KURNIASARI, WIDURI (2019) Pengembangan Strategi Memajukan UMKM Bidang Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Potensi Wilayah Kawasan Wisata Kabalong Pekalongan. Project Report. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Substansi-Laporan tahun 1 Kabalong_upload.pdf

Download (1MB)

Abstract

Secara makro sektor pariwisata menunjukkan pertumbuhan dan kontribusi yang semakin signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 4,23% atau senilai Rp. 461,36 triliun, menghasilkan devisa sebesar US$ 11,9 milyar, dan menyerap tenaga kerja pariwisata sebanyak 12,16 juta orang (LAKIP Kemenpar 2016). Dengan potensi wisata sangat banyak dan beragam, sektor kepariwisataan Indonesia berpeluang menjadi sektor unggulan dengan pertumbuhan tercepat di dunia sebagaimana ditetapkan sebagai program prioritas pembangunan Kabinet Kerja 2015-2019 dalam “Nawa Cita” Presiden. Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu daerah memiliki kawasan wisata yang beragam. Salah satu kawasan pengembangan wisata yang disebutkan dalam RTRW Kabupaten Pekalongan tahun 2011-2031 adalah kawasan wisata Kabalong (Karanggondang, Limbangan, Lolong) di Kecamatan Karanganyar. secara keseluruhan, dengan memperhatikan kondisi demografi serta profil usaha, analisis SOAR dan IPA dapat dikatakan bahwa UMKM pendukung Pariwisata di Kawasan Kabalong potensial untuk dikembangkan. UMKM-UMKM sekitar kawasan akan berkembang seiring dengan perkembangan pariwisata. Maka, strategi utama untuk memajukan UMKM adalah mendorong perkembangan pariwisata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms MG. Westri Kekalih
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:57
Last Modified: 15 Sep 2020 05:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22112

Actions (login required)

View Item View Item