AKTIVITAS FIBRINOLITIK PADA MAKANAN FERMENTASI BERBASIS KACANG (BEAN) DI KAWASAN ASIA SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL ANTI-ATHEROTROMBOSIS

Pratiwi, Alberta Rika and HENDRYANTI, DEA NATHANIA and Ananingsih, Kristina (2020) AKTIVITAS FIBRINOLITIK PADA MAKANAN FERMENTASI BERBASIS KACANG (BEAN) DI KAWASAN ASIA SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL ANTI-ATHEROTROMBOSIS. Unika Soegijapranata, semarang. (Unpublished)

[img] Text
tdk publis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Atherotrombosis merupakan penyebab utama kematian pada penderita penyakit kardiovaskular. Sekitar 80% kematian pada penderita penyakit jantung di dunia terjadi sebagai akibat dari stroke dimana sekitar 90% dari stroke disebabkan oleh trombosis. Di Indonesia, stroke itu sendiri ternyata menjadi penyebab kematian utama berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2007 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI. Tujuan penelitian ini adalah untuk me-review faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas fibrinolitik pada makanan fermentasi berbasis kacang (bean) yang berasal dari kawasan Asia. Metode penelitian yang digunakan berupa review dari 843 jurnal yang dipublikasi selama 10 tahun terakhir. Berdasarkan penelitian ini, makanan fermentasi berbasis bean yang berasal dari Asia memiliki potensi untuk dijadikan pangan fungsional dalam mendegradasi gumpalan darah pada pasien atherothrombosis. Efektivitas kinerja komponen aktif yang berperan sebagai pro-fibrinolitik pada bahan pangan tersebut dapat dipengaruhi oleh berat molekul, pH, suhu, inhibitor and activator dimana terdapat kecenderungan bahwa jenis mikroorganisme memberikan pengaruh dominan terhadap karakteristik enzim fibrinolitik. Perkembangan penelitian hingga saat ini masih perlu untuk terus dilanjutkan, salah satu enzim fibrinolitik yang telah memberkan bukti kuat yaitu enzim nattokinase yang terkandung pada Natto, makanan khas Jepang. Sementara, komponen bioaktif lainnya masih perlu dilanjutkan hingga tahap human study untuk dapat memberikan bukti yang kuat.

Item Type: Other
Subjects: 500 Science
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Ms Kristina Ananingsih
Date Deposited: 15 Sep 2020 06:00
Last Modified: 15 Sep 2020 06:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22097

Actions (login required)

View Item View Item