Implementasi dan Penilaian Pendidikan Karakter Kemandirian di Sekolah Dasar

Dra. Maria Yang Roswita, MSi, ita and Dra. Emiliana Primastuti, MSi, ima (2020) Implementasi dan Penilaian Pendidikan Karakter Kemandirian di Sekolah Dasar. Project Report. Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Penelitian, surtug, pengesahan, laporan.pdf

Download (820kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter kemandirian di Sekolah Dasar di kota Semarang . Subyek Penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru yang bekerja di Sekolah Dasar Negeri atau Sekolah Dasar Swasta di Semarang. Tehnik pengambilan subyek penelitian melalui tehnik random. Penyebaran angket penelitian dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian karakter kemandirian di Sekolah dasar sudah terencana sebelum pengembangan karakter kemandirian diberikan dalam Proses Belajar Mengajar. Adapun dalam dalam penyusunan penilaian pengembangan karakter kemandirian juga direncanakan metode dalam penilaian , seperti metode yang digunakan adalah pengamatan pada perilaku siswa. Ada lembaga yang sudah memiliki rencana penilaian dengan menggunakan rubrik, sehingga dapat diaplikasikan dalam check list yang memantau perilaku siswa saat kegiatan pengembangan dilakukan. Ada juga Lembaga yang memberikan penilaian dalam bentuk seperti penilaian akademik bagi siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Attitude
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Mrs Yang Roswita
Date Deposited: 14 Sep 2020 09:24
Last Modified: 14 Sep 2020 09:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22049

Actions (login required)

View Item View Item