ANALISIS TINGKAT LITERASI DIGITAL DAN PENERAPAN E-COMMERCE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG

SASMITO, WISNU DJATI and PRESTIANTO, BAYU ANALISIS TINGKAT LITERASI DIGITAL DAN PENERAPAN E-COMMERCE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG. Documentation. UNIKA SOEGIJAPRANATA. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN LITERASI DIGITAL 2020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang kajian mengenai seberapa jauh tingkat literasi dan pemanfaatan teknologi pada Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di kota Semarang. Kajian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi penyusunan strategi internalisasi teknologi di kalangan UMKM dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhannya. Adapun tujuan penelitian ini untuk Mengetahui tingkat literasi Digital pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Semarang dan penerapan e-Commerce pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Semarang. Terdapat 29 responden yang telah mengisi kuesioner lewat google forms merupakan usaha yang tergolong mikro dan kecil dengan jumlah tenaga kerja kurang dari 20 orang. Hasil rata-rata skor secara agregat, tingkat literasi digital dari pengusaha Mikro dan Kecil (UMK) yang menjadi responden sebesar 79,81%. Penelitian ini belum bisa memberikan judgement tentang tinggi atau rendahnya score tersebut. Tetapi dilihat dari fenomena tentang pemahaman terhadap teknologi ini, maka ratarata skor ini telah cukup bagi usaha mikro untuk memulai mengadopsi dan mengadaptasi bisnis secara online. Kemampuan yang paling menonjol dari responden berkaitan dengan 9 komponen- literasi digital adalah pada pemahaman dan penggunaan media sosial. Hal ini lebih disebabkan oleh kesederhanaan dalam mengoperasikan aplikasi-aplikasi media social. Sedangkan yang berkaitan dengan pengembangan konten dan managing digital identity masih relatif kurang. Hal ini dikarenakan pengembangan konten tidak hanya terkait dengan penguasaan opersional teknologi semata tetapi juga daya imaginasi dan kreativitas personalnya menjadi bagian yang sangat penting. Dari 29 usaha mikro yang terjaring sebagai responden, seluruhnya telah menggunakan media sosial sebagai bagian dari pengelolaan bisnisnya. Sedang pemanfaatan world wide web masih dirasa perlu ditingkatkan. Terbukti hanya 4 dari 29 responden yang telah memiliki world wide web (website).

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Wisnu Djati
Date Deposited: 13 Sep 2020 09:54
Last Modified: 22 Sep 2020 06:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21969

Actions (login required)

View Item View Item