MANAJEMEN KEUANGAN TERAPAN:KEPERILAKUAN KEUANGAN, PERSONALITI, VALUASI BISNIS,& STRATEGI INVESTASI INVESTOR INDIVIDU

Sitinjak, Elizabeth Lucky Maretha and Kristiana, Haryanti and Kurniasari, Widuri and Wisnu, Djati MANAJEMEN KEUANGAN TERAPAN:KEPERILAKUAN KEUANGAN, PERSONALITI, VALUASI BISNIS,& STRATEGI INVESTASI INVESTOR INDIVIDU. Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
MANAJEMEN KEUANGAN TERAPAN_KEPERILAKUAN KEUANGAN, PERSONALITI, VALUASI BISNIS & STRATEGI INVESTASI INVESTOR INDIVIDU.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Manajemen Keuangan Terapan yang berisikan tentang teori dan konsep tentang keperilakuan keuangan, valuasi bisnis, strategi investasi, serta sejarah personaliti atau kepribadian investor individu, merupakan dasar dari pembentukan model-model penelitian yang dilakukan oleh kami diskema Penelitian Dasar. Adapun judul penelitiannya adalah Model Perilaku Investor Individu Berdasarkan Personaliti Dominant, Influence, Steadiness, dan Compliant (DISC), Siklus Hidup, dan Valuasi Perusahaan-Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta Swasta di Pasar Modal Indonesia. Teori dan kosep untuk keperilakuan keuangan merupakan perpaduan teori keuangan dengan teori psikologi yang berkaitan dengan keputusan individu. Setiap investor individu memiliki strategi investasi yang berbeda-beda. Saat pertama sekali menjadi investor strategi yang digunakan cenderung cut loss secara cepat bila harga saham turun, momentum harga dengan kenaikan harga saham yang masih rendah dari sebelumnya, serta memegang saham dalam jangka pendek. Investor individu akan banyak mencoba strategi sampai dengan tahun ketiga sebagai investor individu, strategi yang digunakan akan cenderung tetap sesuai dengan personaliti yang dimilikinya. Bagaimana setelah tahun ketiga?? Investor individu di tahun ke empat dan seterusnya akan menjadi investor individu yang loyal memegang saham yang sudah diamati sepanjang tahun sebelumnya. Sekitar 2 atau sampai 5 saham akan tetap dipegang sebagai bauran portfolio sahamnya di tahun ketiga dan seterusnya. Buku ini juga memberikan sejarah personaliti atau kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap strategi pengambilan keputusan investor individu. Berbagai penelitian yang berkaitan dengan personaliti memberikan keunikan tersendiri, bahkan penelitian yang kami lakukan menghasilkan hubungan yang erat antara personaliti atau kepribadian dengan keputusan membeli, menjual atau memegang saham. Disamping itu pula, valuasi bisnis sebagai strategi investasi jangka panjang juga dibahas di buku ini. Bagaimana kita dapat menilai bisnis perusahaan dari saham atau perusahaannya melalui aliran kas bebas atau dividen yang dibagikan. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu terbitnya buku ini. Kami penulis juga mengucapkan terima kasih terhadap RISTEK DIKTI serta Tim Penerbit Unika Soegijapranata. Pada akhirnya tim penulis berharap buku ini bisa bermanfaat.

Item Type: Book
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
> 650 Management
> 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business
Depositing User: Ms Lucky Maretha
Date Deposited: 13 Sep 2020 05:45
Last Modified: 21 Sep 2020 11:12
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21930

Actions (login required)

View Item View Item