HUBUNGAN HOME LITERACY ENVIRONMENT (HLE) DAN PARENTS INVOLVEMENT DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Subiantoro, Inosensia Kharina (2019) HUBUNGAN HOME LITERACY ENVIRONMENT (HLE) DAN PARENTS INVOLVEMENT DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB III)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB IV)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - BAB IV.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB V)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.E3.0109 INOSENSIA KH - LAMPIRAN.pdf

Download (628kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat hubungan Home Literacy Environment (HLE) dan Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : (1). Ada hubungan antara HLE dan Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang, (2). Adanya hubungan positif antara HLE dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang, (3). Adanya hubungan positif antara Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa kelas 4 SD yang memenuhi karakteristik penelitian yaitu yang mempunyai IQ Verbal Wechsler rata-rata (90-109) dan di atas rata-rata (110-119), dengan menggunakan teknik sampel random berkelompok yaitu Cluster Random Sampling. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Home Literacy Environment (HLE), skala Parents Involvement dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Sekolah Dasar pada kemampuan membaca. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : (1). Ada hubungan antara HLE dan Parents Involvement dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang (R=.758, F=69.792, p<.01), (2). Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara HLE dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang (r=.726, p<.01), (3). Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara Parents Involvement dengan kemampuan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 di SD Kanisius Kurmosari Semarang (r=.665, p<.01). Dengan demikian hipotesis mayor, minor 1 dan minor 2 yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:29
Last Modified: 14 Sep 2020 04:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item