PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI PENGURANGAN PULSA SECARA OTOMATIS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT. INDOSAT OOREDO SEMARANG)

UNSPECIFIED (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI PENGURANGAN PULSA SECARA OTOMATIS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT. INDOSAT OOREDO SEMARANG). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dengan judul “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Mengalami Pengurangan Pulsa Secara Otomatis Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di PT. Indosat Ooredo Semarang)” ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan menganalisa bentuk-bentuk perlindungan hukum bagi konsumen yang terkena pengurangan pulsa secara otomatis; (2) untuk mengetahui dan menganalisa hambatan-hambatan yang dialami oleh konsumen dalam menuntut ganti rugi kepada PT. Indosat Ooredo sebagai penyedia jasa telekomunikasi apabila terjadi pengurangan pulsa secara otomatis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif suatu cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif-analitis yaitu apa yang dinyatakan oleh narasumber akan diteliti dan dipelajari, dengan menggunakan teknik wawancara dengan narasumber dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguna jasa layanan telekomunikasi Indosat Ooredo yang mengalami pengurangan pulsa secara otomatis terjadi karena dua penyebab yaitu adanya gangguan pada sistem jaringan dan yang kedua dikarenakan kelalaian pengguna itu sendiri. Perlindungan yang telah diberikan oleh pelaku usaha untuk meminimalkan kejadian berkurangnya pulsa secara otomatis, yaitu pengecekan tower, mengedukasi pelanggan, dan memberikan ganti rugi berupa pulsa prabayar apabila terbukti disebabkan oleh penyedia jasa. Hambatan yang dialami oleh konsumen ketika menuntut ganti rugi kepada penyedia jasa layanan telekomunikasi terjadi karena adanya kerusakan jaringan atau sedang dilakukannya perbaikan jaringan. Akibat dari kejadian tersebut menyebabkan tidak dapat memberikan pelayanan terhadap konsumen. Adapun saran yang diberikan adalah bagi penyedia jasa layanan telekomunikasi PT. Indosat Ooredo dengan penellitian ini dapat dijadikan sebagai masukan atau koreksi untuk memperbaiki pelayanan terhadap konsumen pengguna jasa layanaan Indosat Ooredo, terutama dalam memberikan informasi apabila sedang adanya gangguan dan perbaikan jaringan yang dilakukan PT.Indosat Ooredo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 23 Jun 2020 05:03
Last Modified: 23 Jun 2020 05:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21368

Actions (login required)

View Item View Item