SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUSIK KLASIK DI SEMARANG Tema : Symphony with Nature

Febriani, Thio, Novita (2019) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUSIK KLASIK DI SEMARANG Tema : Symphony with Nature. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_BAB 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_BAB 4.pdf

Download (801kB)
[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_BAB 5.pdf

Download (429kB)
[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_DAPUS.pdf

Download (349kB)
[img] Text
15.A1.0148 - Thio, Novita F_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri musik mulai berkembang. Hal ini terjadi di Indonesia, termasuk Kota Semarang. Tercatat bahwa kursus musik di Semarang sudah mulai marak dan mengalami peningkatan, sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa Kota Semarang sebenarnya memiliki potensi untuk didirikannya Sekolah Menengah Kejuruan Musik Klasik untuk mewadahi siswa/i yang berbakat di bidang musik dan ingin memperoleh pendidikan musik secara formal. Fenomena yang terjadi di kebanyakan sekolah musik adalah kurangnya perencanaan ruang terkait dengan akustik yang baik sehingga pembelajaran musik kurang ideal. Suasana sekolah musik pada umumnya seperti sekolah biasa yang monoton, sehingga kurang mendukung pembelajaran musik yang seharusnya memiliki lingkungan sekolah yang kreatif dan menarik sehingga mampu menyegarkan kembali pikiran siswa/i pasca pembelajaran di dalam ruang yang cenderung tertutup. Interior ruang kelas juga akan lebih baik jika mampu merangsang kreativitas siswa/i dengan penggunaan warna-warna cerah yang menarik sehingga meningkatkan semangat belajar musik. Pada dasarnya musik merupakan salah satu bidang pendidikan yang dapat menunjang kreativitas siswa/i agar dapat mengekspresikan diri mereka. Dalam projek SMKM Klasik ini siswa/i akan diajarkan untuk belajar dan mendalami musik melalui teori-teori baik secara umum maupun teori khusus musik dan praktik instrumen pokok serta ansambel/ orkestra/ adanya pertunjukkan. Siswa/i dalam satu angkatan belajar akan dikumpulkan membentuk sebuah orkestra dan mereka akan dibagi lagi kedalam beberapa jurusan musik sesuai dengan keahlian dan peminatan mereka. Fasilitas – fasilitas yang ada di SMKM Klasik akan dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi musik agar siswa/i tidak hanya belajar musik, tetapi juga mampu bersaing di dunia bisnis musik dan menjadi orang yang mandiri bahkan dapat mendirikan usaha musik sendiri. Hal-hal tersebut diwujudkan dengan adanya fasilitas laboraturium yang berfungsi sebagai media kreativitas dalam bentuk latihan aransemen dan mixing lagu yang dapat membantu siswa/i untuk melatih kreativitas serta meningkatan skill dalam bermusik. Pembaharuan fasilitas studio rekam menjadi production studio ditujukan agar siswa/i mampu melakukan aktivitas rekaman sekaligus filming video cover didalam suatu ruang studio. Kompleks Sekolah Menengah Kejuruan Musik Klasik akan di desain untuk memberikan suasana baru yang simfoni dengan alam karena alam diharapkan menjadi salah satu unsur yang dapat menyegarkan kembali pikiran siswa/i setelah belajar selama beberapa jam. Oleh karena itu, sekolah akan didesain dengan tema Symphony with Nature. Ruang kelas juga didesain agar memperhatikan kenyamanan suasana ruang dari segi warna interior dan akustik ruang. Tujuan dari perancangan projek ini adalah untuk menciptakan desain Sekolah Menengah Kejuruan Musik Klasik yang dapat memberikan suasana baru dalam lingkungan sekolah dan mampu memberikan kenyamanan suasana ruang belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Educational Buildings > School Buildings
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Ms Agustin Hesti Pertiwi
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:47
Last Modified: 23 Sep 2020 06:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item