KAJIAN YURIDIS TERHADAP TUGAS DAN KEWENANGAN PUSKESMAS DALAM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN KESEHATAN LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS WONOSALAM 2 DEMAK)

jannah, Raudhotul (2019) KAJIAN YURIDIS TERHADAP TUGAS DAN KEWENANGAN PUSKESMAS DALAM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN KESEHATAN LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS WONOSALAM 2 DEMAK). Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
16.C2.0019 RAUDHOTUL JANNAH, S.PSI.I (4.29).pdf COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.C2.0019 RAUDHOTUL JANNAH, S.PSI.I (4.29).pdf BAB I_a.pdf

Download (356kB)
[img] Text
16.C2.0019 RAUDHOTUL JANNAH, S.PSI.I (4.29).pdf BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
16.C2.0019 RAUDHOTUL JANNAH, S.PSI.I (4.29).pdf BAB III_a.pdf

Download (876kB)
[img] Text
16.C2.0019 RAUDHOTUL JANNAH, S.PSI.I (4.29).pdf BAB IV_a.pdf

Download (112kB)
[img] Text
16.C2.0019 RAUDHOTUL JANNAH, S.PSI.I (4.29).pdf DAPUS_a.pdf

Download (117kB)
[img] Text
16.C2.0019 RAUDHOTUL JANNAH, S.PSI.I (4.29).pdf LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu hak asasi manusia, yang pemenuhannya menjadi tanggung jawab pemerintah dalam setiap negara, yang dalam tulisan ini menjadi tugas dan kewenangan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai instansi yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan di daerah. Penulis memilih Puskesmas Wonosalam 2 Demak sebagai UPTD Puskesmas yang mempunyai tugas dalam melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat dan mempunyai kewenangan salah satunya adalah pelaksanaan pembangunan agar berwawasan kesehatan dan menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan yang berorientasi pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tugas dan kewenangan dari UPTD Puskesmas Wonosalam 2 Demak dalam pengelolaan limbah medis sebagai bentuk perlindungan kesehatan lingkungan dan mengetahui sejauh mana kendala terhadap proses pengelolaan limbah medis. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan membahas aspek yuridisnya sekaligus membahas aspek-aspek sosial yang melingkupi gejala hukum tertentu dengan metode pengumpulan data utama adalah data primer yaiu melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan survey serta data pendukungnya adalah data sekunder yang diambil dari studi pustaka. Metode analisis data menggunakan analisis normatif- kualitatif. UPTD Puskesmas Wonosalam 2 Demak sudah melakukan tugas dan kewenangannya dalam pengelolaan limbah medis sebagai bentuk perlindungan kesehatan lingkungan, tetapi tidak maksimal dalam pemenuhan tugas dan kewenangannya sesuai aturan perundang-undangan yang terkait dalam tahapan pengurangan, pemilahan, penyimpanan, pengangkutan dan syarat kompetensi dari petugas limbah medis. Faktor hambatan yang menjadi kendala terhadap pengelolaan limbah medis di Puskesmas Wonosalam 2 Demak yaitu tidak adanya instruksi kerja SOP internal sehingga pengelolaan limbah B3 medis belum dilakukan dengan sistematis dari awal sampai akhir. Kurangnya pengetahuan pengelolaan limbah medis dari tenaga kesehatan ataupun tenaga medis serta kompetensi dari sanitasi lingkungan yang belum bersertifikat akan menjadi hambatan dalam pengelolaan limbah medis yang benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law > Medical Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 Mar 2020 01:57
Last Modified: 31 Mar 2020 01:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item View Item