STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA FAMILY GUEST HOUSE OMAH JOGLO SEMARANG

Wicaksono, Laurentius Galih (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA FAMILY GUEST HOUSE OMAH JOGLO SEMARANG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf BAB I_a.pdf

Download (464kB)
[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf BAB III_a.pdf

Download (486kB)
[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf BAB V_a.pdf

Download (228kB)
[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf DAPUS_a.pdf

Download (467kB)
[img] Text
15.D1.0328 LAURENTIUS GALIH WICAKSONO (2.95).pdf LAMP_a.pdf

Download (805kB)

Abstract

Persaingan bisnis merupakan sebuah tantangan bagi setiap pelaku bisnis. Suatu organisasi bisnis perlu menetapkan sebuah strategi pengembangan bisnis guna bertahan dalam persaingan tersebut. Hal inilah yang harus dilakukan oleh Family Guest House Omah Joglo Semarang selaku objek penelitian. Sehingga bisnis tersebut dapat bersaing pula dengan bisnis-bisnis lainnya terutama dalam kategori bisnis penginapan. Tujuan dari penelitian deskriptif kualitatif ini adalah untuk menganalisis potensi Family Guest House Omah Joglo Semarang dari aspek internal dan eksternal serta menetapkan strategi pengembangan bisnis yang tepat berdasarkan analisis Resource Based View dan Five Forces. Adapun analisis aspek internal penelitian ini menggunakan teori resource based view dengan alat analisis VRIO framework. Sedangkan, untuk aspek eksternal penelitian ini menggunakan teori Five Forces. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Family Guest House Omah Joglo Semarang memiliki keunggulan internal yang strategis dalam hal konsep bangunan yang unik, pengelolaan keuangan yang cukup baik, perencanaan penetapan hak paten terkait brand dari guest house tersebut, serta hubungan yang baik antar pihak. Di samping itu, ancaman terkait pendatang baru serta pesaing dengan bisnis sejenis dianggap rendah sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap eksistensi dari Family Guest House Omah Joglo Semarang. Dengan demikian, strategi yang tepat untuk pengembangan bisnis ini adalah strategi diferensiasi yang inovatif sehingga Guest House Omah Joglo Semarang dapat selalu unggul dari pesaingnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 Mar 2020 01:54
Last Modified: 31 Mar 2020 01:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21203

Actions (login required)

View Item View Item