PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MAHASISWA KEBIDANAN YANG BERPERAN DALAM PRAKTIK PELAYANAN PERTOLONGAN PERSALINAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TARAKAN

Barrang, Yanti (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MAHASISWA KEBIDANAN YANG BERPERAN DALAM PRAKTIK PELAYANAN PERTOLONGAN PERSALINAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TARAKAN. Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
17.C2.0019 YANTI BARRANG (8.08)..pdf COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text
17.C2.0019 YANTI BARRANG (8.08)..pdf BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
17.C2.0019 YANTI BARRANG (8.08)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
17.C2.0019 YANTI BARRANG (8.08)..pdf BAB III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
17.C2.0019 YANTI BARRANG (8.08)..pdf BAB IV.pdf

Download (225kB)
[img] Text
17.C2.0019 YANTI BARRANG (8.08)..pdf DAPUS.pdf

Download (438kB)
[img] Text
17.C2.0019 YANTI BARRANG (8.08)..pdf LAMP.pdf

Download (524kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan merupakan rumah sakit kelas B Non Pendidikan milik pemerintah kota tarakan yang berfungsi sebagai wadah praktik bagi mahasiswa bidan praktik. Dalam menjalankan fungsinya, adanya perjanjian kerjasama dengan pihak institusi pendidikan kesehatan dalam menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan, memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi pemberi layanan, mahasiswa, dosen dan juga Rumah Sakit selaku wadah praktik bagi mahasiswa. Permasalahan yang terjadi terkait dengan Kebijakan dari rumah sakit atau pelayanan kesehatan yakni kompetensi instruktur klinik yang belum terstruktur dengan baik serta kolaborasi pembimbing akademik dan klinik yang belum turut mempengaruhi kualitas pendidikan. Adanya Resiko terhadap mahasiswa kebidanan yang berperan dalam pelayanan pertolongan persalinan di Rumah Sakit. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Utara dengan menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis dan spesifikasi dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan jenis data primer, dan data sekunder. Teknik pengumpulan data wawancara tatap muka, Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Etik dan Hukum Rumah Sakit Umum Kota tarakan, Kepala Kemitraan, Kepala Ruangan bersalin, dan Dekan DIII Kebidanan Universitas Borneo Tarakan. Responden dalam penelitian ini adalah 13 mahasiswa kebidanan praktik tambahan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tarakan. Hasil penelitian pengaturan perlindungan hukum terhadap mahasiswa kebidanan yang berperan dalam praktik pelayanan pertolongan persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan diatur dalam aturan umum dan khusus yaitu Pasal 28D Ayat (1) dan Pasal 31 Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 1367 KUH Perdata dan aturan khusus Standar Prosedur Operasional Praktik Klinik Kebidanan dan Standar prosedur operasional tindakan peralinan normal. Hak Mahasiswa Kebidanan dalam praktik pelayanan pertolongan persalinan di rumah sakit yaitu mahasiswa boleh melakukan kegiatan pelayanan dirumah sakit, namun berada di bawah pengawasan pembimbing klinik. Kewajiban Rumah Sakit dan Institusi Pendidikan sebagai penyelenggara pendidikan belum sepenuhnya diberikan dalam penggunaan fasilitas bahan dan bimbingan yang terstruktur. Upaya Rumah Sakit dengan Institusi Pendidikan yaitu pengawasan terhadap mahasiswa kebidanan belum sepenuhnya dilaksanakan, sehingga mahasiswa sering melakukan tindakan diluar pengawasan. Penanggung jawab dari kegiatan praktik mahasiswa kebidanan di Rumah Sakit yaitu Pembimbing Institusi dan Pembimbing Klinik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2020 05:51
Last Modified: 30 Mar 2020 05:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item View Item