KEPUASAN KONSUMEN PADA DUA KELOMPOK USIA BERBEDA TERHADAP KUE APEM PANGGANG DENGAN METODE KANO CUSTOMER SATISFACTION OF TWO DIFFERENT AGE GROUPS TOWARDS BAKED APEM CAKE WITH KANO METHOD

PURWATI, MARGARETA IKA (2019) KEPUASAN KONSUMEN PADA DUA KELOMPOK USIA BERBEDA TERHADAP KUE APEM PANGGANG DENGAN METODE KANO CUSTOMER SATISFACTION OF TWO DIFFERENT AGE GROUPS TOWARDS BAKED APEM CAKE WITH KANO METHOD. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf COVER.pdf

Download (577kB)
[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf BAB III.pdf

Download (612kB)
[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf DAPUS.pdf

Download (313kB)
[img] Text
15.I1.0167 MARGARETA IKA PURWATI (1.91)..pdf LAMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kue apem panggang adalah pancake yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kue apem panggang mempunyai filosofi dan budaya yang kuat bagi masyarakat Jawa. Disisi lain, perubahan masyarakat semakin pesat dan banyak makanan baru bermunculan. Diduga konsumen memiliki keinginan baru terhadap kue apem panggang. Perbedaan usia konsumen juga dianggap turut berpengaruh terhadap perubahan kue apem panggang yang diinginkan. Metode kano adalah penilaian perasaan pelanggan terhadap atribut produk atau jasa yang dikategorikan berdasarkan seberapa baik produk/jasa dapat memuaskan kebutuhan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik/atribut kepuasan konsumen kelompok usia berbeda terhadap kue apem panggang supaya dapat diterima di era sekarang. Analisis kepuasan konsumen dengan metode kano berdasarkan Blauth’s Formula dan perhitungan nilai IBT (If Better Than) dan IWT (If Worse Than). Responden dalam penelitian ini adalah konsumen kue apem panggang, berusia 15-25 dan 40-50 tahun. Atribut yang berada dalam kategori attractive dan one-dimensional dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap kue apem panggang. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan Blauth’s Formula atribut yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen pada kedua kelompok usia berbeda adalah atribut aroma santan, rasa manis dan gurih, warna putih pada permukaan atas dan kecoklatan pada permukaan bawah, tekstur empuk, penyajian hangat, kemasan praktis dan mudah dibawa. Atribut yang sangat mempengaruhi kepuasan konsumen adalah penyajian hangat (IBT mendekati 1), sedangkan tidak adanya atribut tekstur empuk pada kue apem panggang sangat mempengaruhi ketidakpuasan konsumen (IWT mendekati -1).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Consumer Satisfication
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2020 02:29
Last Modified: 30 Mar 2020 02:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21078

Actions (login required)

View Item View Item