PENERIMAAN DIRI TERHADAP IBU SAMBUNG

Swasana, Putwi Lilih (2019) PENERIMAAN DIRI TERHADAP IBU SAMBUNG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf BAB III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf BAB IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf BAB V.pdf

Download (863kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf BAB VI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf DAPUS.pdf

Download (174kB)
[img] Text
14.E1.0212 PUTWI LILIH SWASANA (1.9)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan diri melalui tahap penerimaan diri anak yang memiliki ibu sambung serta untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi penerimaan diri pada individu yang memiliki ibu sambung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek perempuan berusia 17 hingga 25 tahun yang pernah memiliki atau masih memiliki ibu sambung baik karena kematian atau perceraian. Menurut Annisa (2013) penerimaan diri dapat membuat individu terbebas dari rasa bersalah, rasa malu, dan rendah diri. Sedangkan dengan adanya perilaku negatif yang sering ditunjukan anak, dapat dikatakan bahwa anak belum dapat menerima kenyataan yang ada. Pendapat lain dari Sarwono (dalam Maria, 2017) mengungkap keberhasilan individu ditentukan oleh kesangguppan menerima keadaan dirinya sendiri, penerimaan diri yang baik akan menangkal emosi negatif. Menurut hasil penelitian, individu akan melalui beberapa tahap untuk mencapai penerimaan diri. Tahap tersebut adalah penolakan, marah, tawar-menawar, depresi, dan penerimaan diri. Dimana tahapan tersebut akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu pemahaman diri, dukungan sosial, stres emosional, pendidikan, dan harapan yang realistis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 24 Mar 2020 02:34
Last Modified: 24 Mar 2020 02:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20984

Actions (login required)

View Item View Item