PERTANGGUNGJAWABAN YURIDIS TERHADAP KLAIM YANG DIAJUKAN DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI (Studi Kasus PT. Anugrah Karya Perkasa, CV. Dwi Manoenggal Sedjati, dan PT. Bangun Makmur Utama)

Jayantoro, Yohanes Bangkit (2019) PERTANGGUNGJAWABAN YURIDIS TERHADAP KLAIM YANG DIAJUKAN DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI (Studi Kasus PT. Anugrah Karya Perkasa, CV. Dwi Manoenggal Sedjati, dan PT. Bangun Makmur Utama). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.C1.0101 YOHANES BANGKIT JAYANTORO (9.17)..pdf COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
15.C1.0101 YOHANES BANGKIT JAYANTORO (9.17)..pdf BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
15.C1.0101 YOHANES BANGKIT JAYANTORO (9.17)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
15.C1.0101 YOHANES BANGKIT JAYANTORO (9.17)..pdf BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
15.C1.0101 YOHANES BANGKIT JAYANTORO (9.17)..pdf BAB IV.pdf

Download (91kB)
[img] Text
15.C1.0101 YOHANES BANGKIT JAYANTORO (9.17)..pdf DAPUS.pdf

Download (89kB)
[img] Text
15.C1.0101 YOHANES BANGKIT JAYANTORO (9.17)..pdf LAMP.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pertanggungjawaban Yuridis terhadap Klaim yang Diajukan dalam Pekerjaan Konstruksi” ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya klaim dalam suatu pekerjaan konstruksi. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis bentuk penyelesaian klaim dan hambatan apa saja yang sering dialami pada saat pelaksanaan penyelesaian klaim konstruksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis menggunakan teori, pendapat para ahli melalui wawancara dalam bahan observasi penulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengajuan klaim dapat dilakukan baik oleh penyedia jasa maupun pemilik pekerjaan. Faktor terjadinya klaim yaitu dari perubahan volume pekerjaan, pekerjaan yang tidak diselesaikan sesuai dengan perjanjian, dan ketidakpuasan pemilik terhadap hasil akhir pekerjaan. Para penyedia jasa memiliki caranya masing-masing untuk menyelesaikan permasalahan klaim, hal ini disebabkan oleh perbedaan pandangan dari penyedia jasa konstruksi dalam memberikan pilihan penyelesaian yang paling sesuai dengan kebutuhan dari pekerjaan milik pengguna jasa, namun tidak jarang penyelesaian tersebut mengalami hambatan-hambatan dalam prosesnya. Akan tetapi, komunikasi yang baik menjadi kunci dalam keberhasilan penanganan setiap permasalahan termasuk dengan permasalahan pengajuan klaim. Bentuk penyelesaian yang dilakukan menggunakan musyawarah antara penyedia jasa dengan pemilik pekerjaan sebagai suatu aspek hukum yaitu penyelesaian melalui jalur non-litigasi sesuai dengan isi dari perjanjian yaitu penyelesaian secara damai dengan menggunakan musyawarah. Saran dari penulis ditujukan kepada penyedia jasa konstruksi, agar lebih memperhatikan sistem pengawasan agar kesalahan-kesalahan dalam pengerjaan konstruksi dapat diminimalisir dan potensi klaim dapat dikurangi. Dan tetap menjaga komunikasi yang baik dengan pemilik pekerjaan karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan penanganan persoalan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 349 Law of specific jurisdictions & areas
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 23 Mar 2020 04:30
Last Modified: 23 Mar 2020 04:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20918

Actions (login required)

View Item View Item