EFEKTIVITAS COGNITIVE-BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRIPADA SISWA GIFTED

Hariadi, Lucy and Widyorini, Endang and Praharesti, Eryani (2013) EFEKTIVITAS COGNITIVE-BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRIPADA SISWA GIFTED. Prediksi Kajian Ilmiah Psikologi, 2 (1). pp. 19-23. ISSN 2302-8904

[img]
Preview
Text
Efektivitas Cognitive Behaviour Therapy Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Siswa Gifted.pdf

Download (251kB) | Preview
Official URL: http://journal.unika.ac.id/index.php/pre/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan harga diri rendah yang dialami oleh siswa gifted menggunakan Cognitive Behaviour Therapy (CBT). Hipotesis dalam penelitian ini adalah CBT dapat meningkatkan harga diri rendah pada siswa gifted. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang didiagnostik gifted oleh Psikolog, yang memiliki skor harga diri di bawah mean hipotetik. Alat untuk mengukur harga diri adalah Skala Harga Diri yang dibuat oleh peneliti dan sudah diuji validitasnya dengan menggunakan Product Moment dan Part-Whole serta diuji reliabilitasnya dengan menggunakan Cronbachs Alpha. Indeks daya beda skala berkisar antara 0,330-0,687 dengan koefisien reliabilitas 0,897. Penelitian ini menggunakan paradigma A-B-Follow Up. Teknik analisa data secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari pengajuan hipotesis menunjukkan bahwa Cognitive Behaviour Therapy (CBT) dapat meningkatkan harga diri rendah pada siswa gifted.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behaviour Therapy (CBT), harga diri, siswa gifted
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Abnormal Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Ms Endang Widyorini
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:24
Last Modified: 10 Aug 2021 08:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20759

Actions (login required)

View Item View Item