ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI PEMBAYARAN NON TUNAI BERBASIS OVO MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Chrisetyasari, Yulia Grace (2019) ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI PEMBAYARAN NON TUNAI BERBASIS OVO MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text (BAB I)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB II)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB III)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB V)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf DAPUS.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.G1.0151 YULIA GRACE CHRISETYASARI (1.99)..pdf LAMPIRAN.pdf

Download (741kB)

Abstract

Salah satu perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia pada bidang ekonomi adalah munculnya perkembangan transaksi ekonomi yang semakin mengarah kepada budaya cashless society atau era sistem pembayaran tanpa uang tunai. Munculnya minat seseorang untuk menggunakan teknologi baru dapat diukur dengan menggunakan teori yang mampu mendeskripsikan tingkat penerimaan dan penggunaan terhadap suatu teknologi, yang pada penelitian ini teori yang digunakan adalah teori dari Davis (1986) yaitu Technology Acceptance Model (TAM). Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adakah korelasi antara tingginya penggunaan suatu teknologi terhadap kebermanfaatan serta kemudahan penggunaan teknologi yang diterima oleh pengguna yang berada di Kota Semarang menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Pengumpulan data responden dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang pernah atau sedang menggunakan aplikasi OVO di Kota Semarang secara langsung dengan menggunakan google form. Dari kuesioner yang disebar, jumlah kuesioner yang kembali dan dapat diolah berjumlah 122 lembar. Hal ini dikarenakan 28 responden ternyata tidak memenuhi kriteria sampel. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS dan pengolahan ini menghasilkan kesimpulan bahwa: persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi persepsi manfaat penggunaan dan sikap dalam menggunakan, persepsi manfaat penggunaan mempengaruhi sikap dalam menggunakan dan keinginan untuk menggunakan, sikap dalam menggunakan mempengaruhi keinginan untuk menggunakan yang membuat pengguna memutuskan untuk menggunakan aplikasi OVO dalam kehidupan sehari-hari. Namun ternyata persepsi manfaat penggunaan tidak mempengaruhi keputusan seseorang untuk menggunakan aplikasi OVO dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : Technology Acceptance Model (TAM), E-money, Persepsi Kemudahan Penggunaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 03 Dec 2019 08:44
Last Modified: 03 Dec 2019 08:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20549

Actions (login required)

View Item View Item