FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

YULIANTO, JEFFRI (2019) FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI SIKAP GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB III.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB IV.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf BAB VI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf DAPUS.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
16.E2.0022 JEFFRI YULIANTO (4.47)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap guru terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, serta mendapatkan gambaran mengenai faktor faktor yang memengaruhi sikap tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologis, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat orang guru yang mengajar di SD Negeri Barusari 01 Semarang yang bekerja lebih dari sepuluh tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, masing masing subyek memiliki sikap yang beragam terhadap ABK sekolah inklusi. Sikap yang dimiliki guru terhadap ABK di sekolah inklusi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor pertama adalah faktor kondisi siswa, ABK dengan hambatan yang cukup parah karena tidak diterapi dan tidak mendapatkan penanganan psikolog akan membuat guru kurang mengembangkan sikap penerimaan. Faktor pelatihan yang pernah diterima guru serta latar belakang pendidika juga dapat memengaruhi seorang guru mengembangkan sikap positif atau negatif terhadap ABK. Nilai hidup yang berakar dalam diri individu guru memengaruhi sikap terhadap ABK di sekolah inklusi. Faktor lingkungan pembelajaran seperti tidak tersedianya Guru Pendamping Khusus cukup kuat memengaruhi sikap negatif yang dimiliki guru terhadap ABK di sekolah inklusi. Penelitian ini diharapkan dapat membuat guru dan pihak terkait dapat dan memerhatikan faktor faktor penting dalam mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap ABK sehingga pelaksanaan pendidikan inklusi dapat berjalan dengan baik. Kata kunci : sikap guru terhadap ABK, sekolah inklusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:42
Last Modified: 20 Nov 2020 02:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20499

Actions (login required)

View Item View Item