PERLINDUNGAN HAK PASIEN ATAS KELALAIAN PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN REMBANG)

Haryanti, Soesi (2019) PERLINDUNGAN HAK PASIEN ATAS KELALAIAN PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN REMBANG). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
16.C2.0055 SOESI HARYANTI, SSI. APT (9.84)..pdf COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
16.C2.0055 SOESI HARYANTI, SSI. APT (9.84)..pdf BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text (BAB II)
16.C2.0055 SOESI HARYANTI, SSI. APT (9.84)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
16.C2.0055 SOESI HARYANTI, SSI. APT (9.84)..pdf BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
16.C2.0055 SOESI HARYANTI, SSI. APT (9.84)..pdf BAB IV.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.C2.0055 SOESI HARYANTI, SSI. APT (9.84)..pdf DAPUS.pdf

Download (274kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.C2.0055 SOESI HARYANTI, SSI. APT (9.84)..pdf LAMP.pdf

Download (877kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang ada di Puskesmas wilayah Kabupaten Rembang fakta yang ada umumnya dilakukan oleh tenaga bukan berkompeten yaitu tenaga teknis kefarmasian dan tenaga kesehatan lainnya. Hal ini akan mempengaruhi perlindungan terhadap hak pasien atas pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Untuk itu peneliti melakukan penelitian Perlindungan hak pasien atas kelalaian pelayanan kefarmasian di Puskesmas (Studi Kasus pada Puskesmas di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang). Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitik. Dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan dan studi kepustakaan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Sedangkan metode analisa data menggunakan analisis kualitatif. Pengaturan tentang perlindungan hak pasien dalam pelayanan kefarmasian sudah ada, namun dalam praktek kelalaian masih terjadi. Jenis pengaturan meliputi tingkat pusat dan tingkat daerah. Pengaturan tingkat daerah di Puskesmas lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dalam memberikan perlindungan hak pasien belum sesuai dasar hukum regulasi tingkat pusat. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang umumnya tidak sesuai kewenangan dan kompetensinya sehingga berpotensi terlanggarnya hak pasien. Di samping itu terjadi beberapa kelalaian baik yang bersifat omission maupun commission. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor yuridis, faktor sosial dan faktor teknis. Adapun faktor yuridis dimana peraturan tingkat daerah belum sesuai dasar hukum aturan tingkat pusat. Penegakkan peraturan belum dilaksanakan dengan baik, kelalaian hanya diberi sanksi sangat ringan. Faktor sosial dapat berasal dari tenaga kesehatan yang menganggap pelayanan kefarmasian sebuah rutinitas akibatnya berpotensi terjadinya kelalaian karena kurang bersikap hati-hati dan tidak memperhatikan kompetensi, sedangkan dari pasien karena kurang sadar akan haknya sehingga tidak menyadari bahwa haknya telah terlanggar. Faktor teknis terkait sarana prasarana dan pelayanan farmasi klinik yang tidak dilakukan. Kata kunci : perlindungan hak pasien, kelalaian, pelayanan kefarmasian, tenaga kefarmasian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:43
Last Modified: 12 Oct 2020 02:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item