ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC

RAKASIWI, GALIH (2019) ANALISA PENGEREMAN DINAMIK PADA MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text (BAB I)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB II)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB III)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf DAPUS.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.F1.0022 GALIH RAKASIWI (6.36)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dengan menggunakan motor listrik mengalami kemajuan yang sangat pesat khususnya di bidang transportasi elektrik. Salah satu jenis motor yang digunakan untuk transportasi elektrik yaitu motor Brushless DC (BLDC) karena memiliki efisiensi tinggi, torka besar, kecepatan tinggi dan biaya operasional yang murah. Pada dasarnya motor listrik sangat membutuhkan proses pengereman. Ada dua metode yang digunakan dalam pengereman motor listrik yaitu pengereman mekanis dan elektris. Pada pengereman elektris terdapat tiga jenis pengereman yaitu pengereman dinamik, pengereman regeneratif dan pengereman plugging. Pada tugas akhir ini dirancang salah satu metode pengereman pada motor BLDC. Pengereman pada motor BLDC dirancang secara dinamik, di mana motor BLDC dioperasikan sebagai generator yang digerakkan energi kinetik. Dioda pada modul inverter dimanfaatkan untuk melakukan pengereman dinamik pada motor BLDC. Pengereman dinamik dilakukan dengan cara memberikan tahanan pada terminal input motor BLDC. Pada saat terjadinya pengereman dinamik, nilai tahanan mempengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kondisi stasioner. Kata Kunci: Transportasi Elektrik, Motor BLDC, Pengereman Dinamik, Nilai Tahanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 620 Engineering > 621 Electrical engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:52
Last Modified: 28 Nov 2019 01:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item