PENGAWASAN PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN KEGIATAN USAHA BINATU RUMAHAN DI KELURAHAN BENDAN DUWUR KOTA SEMARANG OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH) KOTA SEMARANG

Hidayat, Ardika Rachmad (2019) PENGAWASAN PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN KEGIATAN USAHA BINATU RUMAHAN DI KELURAHAN BENDAN DUWUR KOTA SEMARANG OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH) KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
18.C1.0103 ARDIKA RACHMAD H. (5.69)..pdf COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB I)
18.C1.0103 ARDIKA RACHMAD H. (5.69)..pdf BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
18.C1.0103 ARDIKA RACHMAD H. (5.69)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB III)
18.C1.0103 ARDIKA RACHMAD H. (5.69)..pdf BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB IV)
18.C1.0103 ARDIKA RACHMAD H. (5.69)..pdf BAB IV.pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.C1.0103 ARDIKA RACHMAD H. (5.69)..pdf DAPUS.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.C1.0103 ARDIKA RACHMAD H. (5.69)..pdf LAMP.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini berkaitan dengan pelaksanaan pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang terhadap pelaksanaan tanggung jawab lingkungan oleh pelaku usaha binatu rumahan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu, “bagaimana pelaksanaan tanggung jawab lingkungan oleh pelaku usaha binatu rumahan”, “bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang terhadap pelaksanaan tanggung jawab lingkungan usaha binatu rumahan”, dan “bagaimana penerapan sanksi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang terhadap pelaku usaha binatu rumahan yang tidak melaksanakan tanggung jawab lingkungan”. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif hukum. Dengan metode tersebut peneliti mendapatkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan pengawasan usaha binatu rumahan, pelaksanaan tanggung jawab lingkungan serta penerapan sanksi. Kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas lingkungan Hidup Kota Semarang merupakan upaya pengawasan tidak langsung, namun dalam pengawasannya masih terdapat kendala yang menghambat yaitu dengan sumber daya manusia yang sedikit di bidang pengawasan membuat pengawasan lingkungan yang dilakukan sementara ini hanya pada indusrti besar saja. Berkaitan dengan pelaksanaan tanggung jawab lingkungan oleh usaha binatu rumahan juga mengalami kendala. Ketidak tahuan pelaku usaha terhadap tanggung jawab lingkungan membuat usaha-usaha binatu rumahan tidak melaksanakan tanggung jawab lingkungan. Kata kunci: pengawasan tanggung jawab lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kewenangan, Pengawasan, pelaksanaan tanggung jawab lingkungan pelaku usaha binatu rumahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Business Performance > Business plan
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:03
Last Modified: 22 Nov 2019 02:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item