PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KORUPSI YANG MENGEMBALIKAN KERUGIAN KEUANGAN NEGARA ( STUDI KASUS DI PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI SEMARANG)

SINAGA, ANDIKA PRASETIA (2019) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KORUPSI YANG MENGEMBALIKAN KERUGIAN KEUANGAN NEGARA ( STUDI KASUS DI PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI SEMARANG). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.C1.0115 ANDIKA PRASETIA SINAGA (6.36)..pdf COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
15.C1.0115 ANDIKA PRASETIA SINAGA (6.36)..pdf BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
15.C1.0115 ANDIKA PRASETIA SINAGA (6.36)..pdf BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
15.C1.0115 ANDIKA PRASETIA SINAGA (6.36)..pdf BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
15.C1.0115 ANDIKA PRASETIA SINAGA (6.36)..pdf BAB IV.pdf

Download (70kB)
[img] Text
15.C1.0115 ANDIKA PRASETIA SINAGA (6.36)..pdf DAPUS.pdf

Download (72kB)
[img] Text
15.C1.0115 ANDIKA PRASETIA SINAGA (6.36)..pdf LAMP.pdf

Download (680kB)

Abstract

Korupsi merupakan suatu kejahatan yang pada saat ini masuk kedalam kejahatan yang luar biasa (extraordinary crimes). Korupsi pada umumnya dilakukan oleh orang yang memiliki kekuasaan dalam suatu jabatan tertentu sehingga karakteristik kejahatan korupsi itu selalu berkaitan dengan penyalahgunaan kekuasaan. Penulis merumuskan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan judul penulisan yang penulis angkat, antara lain apakah pengembalian kerugian keuangan negara menjadi hal yang dipertimbangkan hakim dalam menjatuhkan pidana, kemudian bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana korupsi yang mengembalikan kerugian keuangan negara, dan yang terakhir faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana korupsi yang mengembalikan kerugian keuangan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana korupsi yang mengembalikan kerugian keuangan negara dalam Putusan Nomor 5/Pid.Sus-TPK/2016/PN.Smg, Putusan Nomor 6/Pid.Sus-TPK/2016/PN.Smg, dan Putusan Nomor 121/Pid.Sus-TPK/2016/PN.Smg. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pengembalian kerugian keuangan negara menjadi hal yang dipertimbangkan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana korupsi serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hakim dalam menjatuhkan pidana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan spesifikasi deskriptif analitis dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian ini kemudian dapat diketahui bahwa pengembalian kerugian keuangan negara hasil dari tindak pidana korupsi menjadi hal yang dipertimbangkan hakim dalam menjatuhkan pidana serta menjadi hal yang meringankan bagi terdakwa. Akan tetapi, pengembalian kerugian keuangan negara tersebut dapat menjadi faktor yang memberatkan bagi terdakwa apabila terdakwa melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan negara pada saat negara berada dalam situasi tertentu yang diatur dalam Pasal 2 ayat (2) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dalam menjatuhkan suatu putusan, hakim dipengaruhi beberapa faktor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembalian kerugian keuangan negara pada prinsipnya dipertimbangkan hakim sebelum menjatuhkan pidana. Kemudian bahwa tindakan mengembalikan kerugian keuangan yang dilakukan terdakwa dicantumkan dalam hal-hal yang meringankan terdakwa. Dan dalam menjatuhkan pidana hakim dipengaruhi oleh faktor internal yang berasal dari majelis hakim yang menangani kasus tersebut dan faktor eksternal yang berasal dari masyarakat serta undang-undang atau peraturan yang berlaku saat ini. Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Pengembalian Kerugian Keuangan Negara, Sanksi Pidana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 350 Public administration & military science > Corruption
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:03
Last Modified: 22 Nov 2019 02:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item