PERANAN BALAI HARTA PENINGGALAN SEBAGAI WALI PENGAWAS DALAM PERWALIAN TERHADAP ANAK YANG TIDAK BERADA DI BAWAH KEKUASAAN ORANGTUA (STUDI KASUS DI BALAI HARTA PENINGGALAN SEMARANG)

Setiono, Venoni Permata Ayu (2019) PERANAN BALAI HARTA PENINGGALAN SEBAGAI WALI PENGAWAS DALAM PERWALIAN TERHADAP ANAK YANG TIDAK BERADA DI BAWAH KEKUASAAN ORANGTUA (STUDI KASUS DI BALAI HARTA PENINGGALAN SEMARANG). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
15.C1.0009 VENONI PERMATA AYU SETIONO (5.42)..pdf COVER.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB I)
15.C1.0009 VENONI PERMATA AYU SETIONO (5.42)..pdf BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
15.C1.0009 VENONI PERMATA AYU SETIONO (5.42)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
15.C1.0009 VENONI PERMATA AYU SETIONO (5.42)..pdf BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
15.C1.0009 VENONI PERMATA AYU SETIONO (5.42)..pdf BAB IV.pdf

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.C1.0009 VENONI PERMATA AYU SETIONO (5.42)..pdf DAPUS.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.C1.0009 VENONI PERMATA AYU SETIONO (5.42)..pdf LAMP.pdf

Download (171kB)

Abstract

Balai Harta Peninggalan merupakan unit pelaksana teknis dalam lingkungan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Balai Harta Peninggalan memiliki tugas pokok dan fungsi di bidang perwalian, khususnya sebagai wali pengawas. Namun dalam Balai Harta Peninggalan Semarang masih ditemukan permasalahan, yaitu ditemukan seorang wali yang menjual harta kekayaan anak untuk kepentingan pribadi wali. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui prosedur penetapan perwalian terhadap anak-anak yang tidak berada di bawah kekuasaan orangtua di Pengadilan Semarang; (2) untuk mengetahui peranan dan kedudukan Balai Harta Peninggalan Semarang sebagai wali pengawas dalam perwalian terhadap anakanak yang tidak berada di bawah kekuasaan orangtua. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prosedur penetapan perwalian di Pengadilan Negeri Semarang terdiri dari enam (6) langkah mulai dari pendaftaran permohonan ke Pengadilan Negeri sampai salinan tersebut diserahkan ke Balai Harta Peninggalan. Prosedur penetapan perwalian ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Setelah itu, dilakukan prosedur pengangkatan wali oleh Balai Harta Peninggalan. Tujuan pengangkatan wali oleh Balai Harta Peninggalan adalah untuk memastikan bahwa wali akan menjalankan tugasnya dengan baik. Peranan Balai Harta Peninggalan sebagai wali pengawas adalah untuk mengawasi wali dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat dipastikan wali melaksanakan tugasnya dengan baik. Keterbatasan anggaran di Balai Harta Peninggalan menyebabkan pengawasan Balai Harta Peninggalan tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Kata kunci: Anak, Peranan, Wali Pengawas, Balai Harta Peninggalan, kekuasaan Orangtua

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:02
Last Modified: 22 Nov 2019 02:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item