RINGKASAN DISERTASI : KONSEP DAN MODEL KEMANDIRIAN ANAK DENGAN DOWN SYNDROME

SUPARMI, - (2017) RINGKASAN DISERTASI : KONSEP DAN MODEL KEMANDIRIAN ANAK DENGAN DOWN SYNDROME. Doctoral thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
Disertasi_summary-UGM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melakukan eksplorasi konsep kemandirian anak dan mengembangkan model kemandirian anak down syndrome (DS) dengan menggunakan temuan konsep kemandirian anak. Penelitian menggunakan mixed methods, terdiri dari dua tahap dan dilakukan di kota Semarang dan sekitarnya. Tahap pertama menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan orangtua (N=45), observasi perilaku anak normal dan anak berkebutuhan khusus (N=45), serta focus group discussion dengan guru (N=62) dari jenjang KB/TK dan SD khusus, umum dan inklusi. Data dianalisis dengan analisis isi. Tahap kedua dengan pendekatan kuantitatif, subjek anak dengan DS yang sekolah di SLB C (N=57), data dikumpulkan dengan skala, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik Partial Least Squares. Penelitian menemukan model yang diajukan mendapatkan dukungan data empirik, baik model kemandirian anak dengan DS maupun model dinamika antar dimensi kemandirian anak. Dengan demikian hipotesis: “Nilai anak berkebutuhan khusus, taraf sosial ekonomi keluarga, usia kronologis, usia mental dan taraf inteligensi anak berpengaruh terhadap kemandirian anak dengan DS, dimediasi oleh pengasuhan orangtua dan dukungan guru untuk mandiri” dapat diterima. Konsisten dengan temuan konsep, kemandirian anak dengan DS bersifat multidimensi dan hirarkis. Secara umum dapat dikatakan pembentukan kemandirian anak DS merupakan proses panjang, yang diawali dengan terbentuknya keterampilan bantu diri dan diakhiri dengan terbentuknya keterampilan sosialisasi dan mengatasi masalah. Dimensi tanggung jawab menjadi dimensi kedua yang penting untuk dikembangkan setelah pengembangan dimensi bantu diri pada anak. Dimensi tersebut menjadi jembatan bagi dimensi bantu diri dalam mempengaruhi pembentukan dimensi yang lain, yaitu dimensi sosialisasi, inisiatif, keterampilan domestik dan mengatasi masalah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:16
Last Modified: 18 Sep 2019 08:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/19983

Actions (login required)

View Item View Item