BENTUK PENGASUHAN YANG MENDUKUNG KEMANDIRIAN ANAK PROCEEDING SEMINAR NASIONAL: SELAMATKAN GENERASI BANGSA DENGAN MEMBENTUK KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL

SUPARMI, - (2014) BENTUK PENGASUHAN YANG MENDUKUNG KEMANDIRIAN ANAK PROCEEDING SEMINAR NASIONAL: SELAMATKAN GENERASI BANGSA DENGAN MEMBENTUK KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Proceeding Seminar Nasional "selamatkan Generasi Bangsa", Jil 1. p. 108. ISSN ISBN : 978-602-71716-2-6

[img]
Preview
Text
Procedeeng lengkap_UMS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemandirian sebagai salah satu tugas perkembangan penting pada anak terbukti sangat dipengaruhi oleh pengasuhan. Namun penelitian tentang pengasuhan terhadap kemandirian anak di Indonesia sebagian besar menggunakan konsep teoritis dari luar Indonesia, masih jarang penelitian tentang pengasuhan yang menggunakan pendekatan indijines. Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk pengasuhan orangtua yang mendukung anak untuk mandiri. Sebagai pilot project penelitian dilakukan di kota Semarang. Metode penelitian kualitatif. Nara sumber adalah salah satu orangtua atau pengasuh lain yang signifikan. Jumlah nara sumber 44 orang, memiliki anak di atas usia 2 tahun sampai 11 tahun, baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus (ABK), dengan tingkat pendidikan nara sumber dari SD tidak lulus sampai Sarjana. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur yang dilakukan secara individual. Analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menemukan bentuk-bentuk pengasuhan yang mendukung kemandirian anak dari yang paling kuat, adalah : kontrol, pemberian kesempatan, direktif, model, bantuan profesional , sosialisasi, responsif dan komunikasi.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:16
Last Modified: 18 Sep 2019 08:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item