PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG)

Muzdahiroh, Izzah (2019) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
15.C1.0107 IZZAH MUZDAHIROH (8.5)..pdf COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text (BAB I)
15.C1.0107 IZZAH MUZDAHIROH (8.5)..pdf BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
15.C1.0107 IZZAH MUZDAHIROH (8.5)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB III)
15.C1.0107 IZZAH MUZDAHIROH (8.5)..pdf BAB III.pdf

Download (676kB)
[img] Text (BAB IV)
15.C1.0107 IZZAH MUZDAHIROH (8.5)..pdf BAB IV.pdf

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.C1.0107 IZZAH MUZDAHIROH (8.5)..pdf DAPUS.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.C1.0107 IZZAH MUZDAHIROH (8.5)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pertimbangan Hakim dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencabulan (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Semarang)” ini bertujuan : (1) untuk mengetahui dan menganalisis pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana pencabulan; dan (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan yuridis dan sosiologis hakim pada saat akan menjatuhkan pidana bagi pelaku tindak pidana pencabulan. Metode penelitian yang digunakan Penulis dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil pencarian data di lapangan dengan menggunakan teknik wawancara dengan nara sumber dan studi pustaka. Data dianalisis secara kualitatif atau disebut juga dengan cara non-statistik yaitu tanpa menggunakan suatu perhitungan secara matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana pencabulan memiliki pertimbangannya masing-masing dalam memutuskan berat ringannya suatu pidana yang akan dijatuhkan. Pertimbangan tersebut bisa berasal dari dakwaan dan tuntutan Jaksa Penuntut Umum, tingkat tindak pidana pencabulan, motif terdakwa melakukan tindak pidana, keadaan terdakwa, umur terdakwa, pekerjaan maupun tingkat pendidikan terdakwa, sifat baik dan buruknya terdakwa, sikap terdakwa sesaat dan setelah melakukan tindak pidana, siapa yang menjadi korban, akibatnya terhadap korban, dan anggapan masyarakat terhadap tindak pidana pencabulan. Selain itu, saat menjalankan proses peradilan di persidangan juga terdapat faktor yang menghambat hakim dalam menjalankan tugas dan fungsinya, faktor tersebut bisa berasal dari internal maupun eksternal, seperti kurangnya profesionalisme penegak hukum itu sendiri, kredibilitas saksi yang rendah dan alat bukti yang kurang dapat dipercaya. Adapun saran yang diberikan adalah hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku harus lebih cermat dan mempertimbangkan segala aspek yang ada, jaksa harus lebih cermat dalam merumuskan dakwaan bagi terdakwa, selain itu baik hakim maupun jaksa juga harus dapat meningkatkan profesionalismenya demi keadilan bagi seluruh pihak. Kata kunci: Pertimbangan Hakim, Tindak Pidana Pencabulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:29
Last Modified: 22 Oct 2020 04:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item