Penerapan Target Costing Untuk Menentukan Perencanaan Biaya Dengan Analisis Kualitas Quality Function Deployment Sebagai Usaha Untuk Penentuan Harga Pokok Produksi

Pamungkas, Octana Caesar (2019) Penerapan Target Costing Untuk Menentukan Perencanaan Biaya Dengan Analisis Kualitas Quality Function Deployment Sebagai Usaha Untuk Penentuan Harga Pokok Produksi. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB II)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB IV)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf BAB IV.pdf

Download (938kB)
[img] Text (BAB V)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf DAPUS.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.G1.0165 OCTANA CAESAR PAMUNGKAS (5)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut data dari BPS Kota Semarang bisnis rumah makan merupakan bisnis yang banyak menjadi andalan para entrepreneurship , total terdapat 236 unit bisnis rumah makan yang didirikan. Fakta ini membuktikan persaingan pasar pada bisnis ini sangatlah ketat. Maka dari itu penting bagi bisnis rumah makan dapat menentukan harga jual produk yang lebih kompetitif dan melakukan design produk sesuai dengan keinginan konsumen. Dari dasar ini, tentunya usaha bisnis dapat memaksimalkan keuntungan dari penjualannya. Usaha rumah makan Du Café Semarang mengalami penurunan penjualan pada bulan Desember 2017 hingga februari 2018. Salah satu faktor penyebabnya adalah harga produk yang ditentukan oleh bisnis ini memiliki harga yang lebih tinggi dari pada pesaingnnya, dan analisis pasar yang dilakukan bisnis ini belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung harga pokok produksi dengan metode Target Costing , kemudian melakukan analisis pasar yaitu analisi pasar pesaing untuk melihat harga kompetitif produk dan analisis kualitas Quality Function Deployment, sebagai dasar untuk melakukan redesign produk yang sesuai dengan kriteria prioritas konsumen terhadap produk tersebut. Penelitian ini menggunakan data penjualan dan bahan baku produk serta biaya produksi sebagai dasar untuk menentukan harga pokok produksi yang disesuikan dengan metode Target Costing. Kemudian untuk analisis pasar, data yang dibutuhkan adalah data harga jual produk pesaing dan data konsumen terhadap kualitas yang mereka prioritaskan untuk setiap produk. Sehingga hasilnya dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Target Costing dan analisis kualitas Quality Function Deployment ini, usaha rumah makan ini dapat menghasilkan produk sesuai dengan kualitas yang konsumen prioritaskan dan harga jual produk memiliki range yang kompetitif di pasar, sehingga dari analisis tersebut, usaha ini dapat meningkatkan penjualan mereka. Keywords :Target Costing, Quality Function Deployment, harga pokok produksi, laba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Cost Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 01 Jul 2019 08:28
Last Modified: 01 Jul 2019 08:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/19312

Actions (login required)

View Item View Item