PENGARUH EXPRESSIVE WRITING TERHADAP PENURUNAN GEJALA DEPRESI PADA MAHASISWA

CHRISTY, ZEVANYA ADINDA NATALIE (2018) PENGARUH EXPRESSIVE WRITING TERHADAP PENURUNAN GEJALA DEPRESI PADA MAHASISWA. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text (BAB I)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text (BAB II)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf BAB IV.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB V)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB VI)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf BAB VI.pdf

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf DAPUS.pdf

Download (468kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.E1.0025 ZEVANYA ADINDA N.C (3.46)..pdf LAMP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh expressive writing terhadap penurunan gejala depresi pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan penurunan gejala depresi antara kelompok eksperimen dengan kelompok control dimana perubahan skor pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Desain penelitian eksperimen kuasi ini menggunakan two groups design random sehingga jumlah subjek terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah enam subjek yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen diberi perlakuan expressive writing sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan expressive writing. Analisa data yang menggunakan Mann-Whitney U Test menunjukkan bahwa hasil bahwa Z = 1,964 dan p = 0,050 dengan taraf signifikansi (p ≤ 0,05). Pada kelompok eksperimen VE mengalami penurunan skor sebanyak 11 skor, EL dan TY sebanyak 13 skor, sedangkan pada kelompok kontrol VI dan LU hanya mengalami penurunan 1 skor, sedangkan KI tidak mengalami penurunan skor sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penurunan gejala depresi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yang mana skor penurunan gejala depresi pada kelompok eksperimen lebih besar setelah mendapat treatment expressive writing daripada kelompok kontrol, sehingga hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci : expressive writing, gejala depresi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 610 Medicine and health > 616 Diseases > Depression
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:59
Last Modified: 30 Apr 2019 07:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item