PENGARUH SIKAP, SELF-EFFICACY TERHADAP PENERAPAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN AKUNTANSI

Vadelin, Vadelin (2018) PENGARUH SIKAP, SELF-EFFICACY TERHADAP PENERAPAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN AKUNTANSI. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text (BAB I)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB II)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB III)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf BAB IV.pdf

Download (457kB)
[img] Text (BAB V)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf DAPUS.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.G1.0087 VADELIN (9.04)..pdf LAMP.pdf

Download (662kB)

Abstract

Pendidikan etika telah menarik minat besar mengingat kegagalan tenar perusahaan pengawasan oleh akuntan profesional. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa integrasi pendidikan etika dalam program akuntansi terus berkembang melintasi berbagai mata pelajaran, dan dalam jenis metode pengajaran dan materi pendukung. Beberapa pendapat mengatakan peran yang dimainkan oleh setiap dosen sangat penting, di mana persepsi dan sikapnya cenderung menentukan motivasi seseorang untuk mengintegrasikan pendidikan etika dalam kurikulum akuntansi. Penelitian ini membahas kesenjangan literature dengan menyelidiki peran self-efficacy dosen menerapkan etika dalam kurikulum akuntansi. Konsep tentang self-efficacy, dalam penelitian ini mendefinisikan self-efficacy dosen akuntansi menerapkan etika dalam perkuliahan sebagai “kemampuan seseorang untuk mengatur dan mengintegrasikan pendidikan etika dalam kurikulum akuntansi”. Ini termasuk kemampuan dosen akuntansi dalam mendesain konsep etika, penggunaan sumber daya pengajaran etika yang sesuai, dan mengembangkan strategi keterlibatan mahasiswa untuk menerapkan etika pada pendidikan akuntansi. Tujuan keseluruhan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang membentuk SE (self-efficacy) dosen akuntansi menerapkan etika dalam perkuliahan. Dalam melakukannya, penelitian ini menilai tiga faktor berikut sebagai predictor self-efficacy dosen akuntansi, yaitu sikap terhadap pendidikan etika, dukungan ketua program studi, dan dukungan rekan kerja. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner yang telah disebar kepada seluruh dosen akuntansi yang masih aktif pada Universitas berakreditasi A di Semarang sebanyak 106 dosen. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah dukungan ketua program studi dan dukungan rekan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap penerapan etika melalui self-efficacy. Kata Kunci : Self-Efficacy, penerapan etika, sikap terhadap pendidikan etika, dukungan ketua program studi, dukungan rekan kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 16 Apr 2019 09:12
Last Modified: 16 Apr 2019 09:12
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18779

Actions (login required)

View Item View Item