INTERNALISASI WATER LITERACY UNTUK PERUBAHAN PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH PERKOTAAN MELALUI MEDIA FILM PARTISIPATIF ASPEK AKSES AIR BERSIH

JUWANTO, JUWANTO (2011) INTERNALISASI WATER LITERACY UNTUK PERUBAHAN PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH PERKOTAAN MELALUI MEDIA FILM PARTISIPATIF ASPEK AKSES AIR BERSIH. Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1-BAB-1.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
2-BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
3-BAB-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
4-BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
5-BAB-5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tanpa air tida1 ada satu makhlukpun dapat hidup. Setiap orang di negara ini harus memiliki peluang yang Jama untuk dapat mengakses air. WaJaupun dernikian, kenyataan menunjukkan bahwa masih terjadi kondisi yang paradok. Pada saru sisi, orang miskin tidak dapat mendapatkanair yang baik an cukup. Pada sisi yang lain, orang kaya banyak sekali menghasilkan Iimbah dalam penggunaan airnya, misalnya untuk mncuci kendaraan, memenuhi bak kamar mandi, kolam renang, erta banyak aktifitas lain yang sangat memboroskan an. Untuk rnerungkatkan kesadaran masy rakat akan air, diperlukan water literacy, Waler literacy dapat dilakukan tidak hanya melalui endidikan formal, rnelamkan dengan media Juga, misalnya film. ldealnya.. pengantar tent g water literacy harus diberik an kepada anak sej ak usia dini. Tujuan dari penelitian mi ad lah untuk rnenguuernalisast water literacy pada pada siswa dengan pembuatanfilm parnsipatif bada aspek akses terhadap air. Pench tian 1111 melibatkan siswa SMP Kartiyoso Sernarang. Sekolah mi merupakan kawasan terdampak terkau persoalan air, rnisalnya banjir dan rob. Dua kelon pok (4 orang) diprlrh untuk berparusipast dalam proses pembuatan 51m. Penehrian iru m ngunakan methode water diary. Siswa diundang untuk berparnsipasi dalam mengarnan sega a kegiatan hanan terkart air dan rnenunjukkan bagarrnana orang miskin rnendapatkan air bersih. Setiap anak rnelakukan pencatstan terhadap aknfitas hanan mereka terkait air, pada aat yang sarna mereka melakukan pengamatan satu dengan yang lain terkait perilaku terhadap air. Setelah itu, mereka rnernbagrkan hasrl pencatatan dan pengamatan kepada yang lain. Sebelum mereka mencatat dalam water diary; mereka terlebih dulu mengisi pre lest

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Hydraulic Engineering > Water Resources
Divisions: Graduate Program in Environment and Urban Studies
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 07 May 2019 08:52
Last Modified: 19 Oct 2020 05:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18299

Actions (login required)

View Item View Item