PERAN DAN KEDUDUKAN HUKUM DOKTER KELUARGA DALAM PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA ASURANSI KESEHATAN (PT ASKES PERSERO) DI KABUPATEN TEMANGGUNG

LESTARI, PUJI (2012) PERAN DAN KEDUDUKAN HUKUM DOKTER KELUARGA DALAM PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA ASURANSI KESEHATAN (PT ASKES PERSERO) DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
09.93.0049 Puji Lestari COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
09.93.0049 Puji Lestari BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
09.93.0049 Puji Lestari BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
09.93.0049 Puji Lestari BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 4)
09.93.0049 Puji Lestari BAB 4.pdf

Download (447kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.93.0049 Puji Lestari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09.93.0049 Puji Lestari LAMPIRAN.pdf

Download (810kB)

Abstract

Pemerintah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada tingkat primer berusaha untuk memberikan jangkauan yang lebih luas mengenai sarana pelayanan dengan pelayanan dokter keluarga. PT.Askes (Persero) dalam pelayanan kesehatan kepada peserta melalui dokter keluarga, sedangkan konsep dokter keluarga di Indonesia belum jelas. Metode penelitian yang digunakan yuridis sosiologis yang mengupas tentang peran dokter keluarga dan kedudukan hukum dokter keluarga dalam pelayanan peserta asuransi kesehatan, serta pelaksanaan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh dokter keluarga, faktor yang menghambat maupun menunjang pelaksanaan pelayanan kesehatan Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketentuan hukum belum diatur secara jelas. Peran dan kedudukan hukum dokter keluar~a masih mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang mengatur tentang dokter dan dokter gigi. Pengaturan dokter keluarga secara khusus belum ada. Kewenangan dokt r keluarga secara urnum sarna dengan dokter dan dokter gigi tetapi kewenangan secara husus dalam pelayanan bagi peserta askes belum Ciiatur. Sehingga akibat hukum dan kedudukan hukum antara dokter keluarga hubungannya dengan PT. Askes yang tidak jelas menyebabkan dokter keluarga tidak terlindungi secara hukum. Pelaksanaan pelayanan dokter keluarga pada peserta askes sama dengan pelayanan kesehatan pad a pasien, pelayanan kesehatan mengacu hanya pada peqanjian kerjasama antara dokter keluarga dengan PT. Askes (Persero) selaku lembaga yang menanga i suransi peserta askes. Kesimpulannya aCfalah pengaturan khusus tentan dokter keluarga belum ada sehingga tidak ada perlinaungan hukum bagi dokter keluarga dalam melaksanakan pelayanan kesehatan bagi peserta askes. Pelaksanaan praktik dokter keluarga askes tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Mar 2019 07:54
Last Modified: 05 Mar 2019 07:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item