IMPLEMENTASI PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS (INFORMED CONSENT) PADA KEGIATAN BAKTI SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

REALITA, FRISKA (2012) IMPLEMENTASI PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS (INFORMED CONSENT) PADA KEGIATAN BAKTI SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
10.93.0016 Friska Realita COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text (BAB 1)
10.93.0016 Friska Realita BAB 1.pdf

Download (688kB)
[img] Text (BAB 2 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
10.93.0016 Friska Realita BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
10.93.0016 Friska Realita BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
10.93.0016 Friska Realita BAB 4.pdf

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.93.0016 Friska Realita DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10.93.0016 Friska Realita LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial, yaitu makhluk yang membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya. Interaksi antarmanusia tersebut tidak hanya komunikasi saja tetapi juga menyakut seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek hukum. Informed consent adalah persetujuan pasien terhadap tindakan kedokteran yang akan dilakukan terhadap dirinya setelah kepada pasien tersebut diberikan penjelasan yang lengkap tentang tindakan kedokteran yang akan dilakukan tersebut. Tujuan dari informed consent sendiri adalah melindungi pasien terhadap segala tindakan medis yang dilakukan tanpa sepengetahuan pasien. Kegiatan bakti sosial adalah wujud perhatian dan empati untuk meringankan beban masyarakat. Kegiatan yang bersifat membantu ini banyak diminati oleh masyarakat menengah kebawah karena tidak memungut biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis sosiologis yang artinya yaitu studi yang diQelajari sebagai variable akibat yang timbul sebagai hasil akhir dari bei'bagai kekuatan dalam proses social sebagai langkah - langkah dan esain teknis penelitian hukum mengikuti pola ilmu sosial dan berakhir dengan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Dalam pelaksanaan bakti sosial kesehatan di Rumah sakit Islam Sultan Agung Semarang belum terdapat peraturan pelaksanaan tindakan kedokteran dibakukan yang tertuaoQ dalam SOP (Standart Oprasional Proseduli ). RespondeD dalam melakukan persetujuan tindakan medis terdapat lima (55,5%) responden yang melakukan persetujuan tindakan medis. satu (11 ,1%) responden yang kadang memberikan P.enjelasan tindakan medis dan tiga (33,3%) respGnden tidak melakukan ~r.setujuan tindakan medis baik itu persetujuan tindakan medis dalam bentuk lisan dan tertulis. Kendala-kendala yang ditemakan dalam pelaksanaan persetujuan tindakan medik yaitu masalah dalam penjelasan yang tidak begitu dimengerti oleh pasien mungkin bisa dikarenakan dalam memberikan penjelasan dilakukan secara massal, Pasien menolak apabiJa diberikan penjelasan dan Faktor sosial, ekonomi dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law > Informed Consent
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 05 Mar 2019 04:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18181

Actions (login required)

View Item View Item