PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KESEHATAN DALAM PELAYANAN IMUNISASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS)

ANIS, MUS IDA (2012) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KESEHATAN DALAM PELAYANAN IMUNISASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS). Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
9.93.0043 Mus Ida Anis COVER.pdf

Download (956kB)
[img] Text (BAB 1)
9.93.0043 Mus Ida Anis BAB 1.pdf

Download (957kB)
[img] Text (BAB 2 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
9.93.0043 Mus Ida Anis BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
9.93.0043 Mus Ida Anis BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (BAB 4)
9.93.0043 Mus Ida Anis BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.93.0043 Mus Ida Anis DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9.93.0043 Mus Ida Anis LAMPIRAN.pdf

Download (59kB)

Abstract

Setiap orang berhak untuk hidup sehat dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan te~angkau oleh masyarakat, berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya. Imunisasi merupakan program pemerintah yang didasarkan pada ketentuan hukum dalam melaksanakan fungsi dan tugas pemerintahan yang bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian anak. Program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) adalah bentuk operasional dari imunisasi lanjutan pad a anak sekolah dasar. Imunisasi dilakukan di sarana kesehatan pada tingkat puskesmas, dengan melibatkan tenaga kesehatan (perawat atau bidan) yang telah mengikuti pelatihan untuk tenaga petugas imunisasi. PembeJjan vaksin ini memang aman tetapi bukan tanpa risiko, sehingga sebagian anak dapat mengalami reaksi yang dapat menyebabkan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pada anak sekolah dasar dalam program BIAS. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif (doctrinal legal approach), dengan spesifikasi deskriptif ana litis yaitu untuk memberikan gambaram hubungan antara perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan kesehatan masyarakat dan pelayanan imunisasi pada anak sekolah dasar dalam program BIAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan J<etentuan perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan kesehatan masyarakat, maka secara umum tenaga kesehatan (perawat atau bidan) diberikan perlindungan hukum oleh pemerintah, sesuai dengan kewenan annya, berdasarkan kompetensi, standar profesi tenaga kesehatan dan standar operasional prosedur (SOP). Dan berdasarkan ketentuan hukum pelayanan imunisasi pada anak sekolah dasar dalam program BIAS. maka anak sekolah dasar diberikan hak dan kewajiban oleh pemerintah untul< melaksanakan hak asasinya dalam memperoleh pelayanan imunisasi pada program BIAS. Namun dalam ketentuan hukum pelayanan imunisasi pad a anak sekolah dasar dalam program BIAS, secara khusus belum dapat memenuhi adanya perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan (perawat atau bidan). Dalam rangka melaksanakan program pemerintah, yaitu pelayanan imunisasi pad a anak sekolah dasar dalam program BIAS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:54
Last Modified: 05 Mar 2019 03:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item