PENERBITAN SURAT PENUGASAN DOKTER SPESIALIS DI RUMAH SAKIT DIKAITKAN DENGAN ASAS PEMERATAAN KESEHATAN (Penelitian Hukum Normatif Terhadap Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran jo Permenkes Nomor 512/MENKES/PER/IV/2007 Tentang Izin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran)

MAHMUDAH, SITI (2011) PENERBITAN SURAT PENUGASAN DOKTER SPESIALIS DI RUMAH SAKIT DIKAITKAN DENGAN ASAS PEMERATAAN KESEHATAN (Penelitian Hukum Normatif Terhadap Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran jo Permenkes Nomor 512/MENKES/PER/IV/2007 Tentang Izin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran). Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
09.93.0011 Siti Mahmudah COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text (BAB 1)
09.93.0011 Siti Mahmudah BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
09.93.0011 Siti MahmudahBAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
09.93.0011 Siti MahmudahBAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
09.93.0011 Siti MahmudahBAB 4.pdf

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.93.0011 Siti Mahmudah DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Dokter yang akan melaksanakan praktik kedokteran di Indonesia harus memiliki Surat Ijin Prkatik (SIP). SIP dokter gigi diberikan paling banyak untuk 3 (tiga) tempat praktik. Pengaturan praktik kedokteran bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada pasien, mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan medis. serta memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, dokter Idokter gigi. Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan spesialistik Dinas Kesehatan dapat memberikan Surat Tugas dokter spesialis tertentu untuk bekerja di Rumah Sakit berdasarkan permintaan Dinas Kesehatan Kotal Kabupaten dengan mempertimbangkan keseimbangan antara kebutuhan pelayanan dengan kemampuan dokter tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk melidapatkan gambaran apakah dengan penerbitan Surat Tugas untuk Dokter Spesialis di Rumah Sakit dapat menyebabkan terpenuhinya asas pemerataan pelayanan kesehatan. Metod~ penelitian adalah pendekatan yuridis normatif yaitu dengan melakukan p'enelaahan hukum melalui studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder yang berhubungan dengan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan praktik kedokteran. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif analitis.Cara Qengurnpulan data dengan menggunakan studi hukurn. Analisis data yang digunakan adalah normatif ku~litatif. Disirnpulkan bahwa Surat T gas merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kepada dokter spesialis tertentu untuk bekerja Rumah Sakit tertentu, dan dalarn jangka waktu tertentu, berdasarkan permintaan dari Kepala Dinas KabupatenlKota. Asas pemerataan pelayanan kesehatan adalah ,penyelenggaraan upaya kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh seluruh lapisan rnasyarakat secara adil dan merata baik geografis maupun ekonomis. Penerbitan Surat Penugasan Dokter Spesialis, belum dapat memenuhi asas pemerataan pelayanan kesehatan, karena jumlah dokter spesialis belurn seimbang dengan jumlah penduduk, dan distribusi I penempatan dokter belum merata di seluruH wilayah Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 610 Medicine and health
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:46
Last Modified: 05 Mar 2019 03:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18084

Actions (login required)

View Item View Item