PENGELOLAAN DANA PEMELIHARAAN KESEHATAN PADA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 40 TAHUN 2004 TENTANG SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL

MULYAWATI, ARWITA (2010) PENGELOLAAN DANA PEMELIHARAAN KESEHATAN PADA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 40 TAHUN 2004 TENTANG SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
08.93.0036 Arwita Muyawati COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text (BAB 1)
08.93.0036 Arwita Muyawati BAB 1.pdf

Download (770kB)
[img] Text (BAB 2 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
08.93.0036 Arwita Muyawati -BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
08.93.0036 Arwita Muyawati -BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
08.93.0036 Arwita Muyawati BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
08.93.0036 Arwita Muyawati BAB 5.pdf

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.93.0036 Arwita Muyawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Pegawai Negeri pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terdiri dari Anggota Polri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polri. Saat ini Jaminan Kesehatan Pegawai Negeri pada Polri dikelola secara internal oleh Polri melalui sebuah sistem yang dikenal dengan Dana Pemeliharaan Kesehatan (DPK Polri). luran dipotong melalui gaji Pegawai Negeri pada Polri sebanyak 2% setiap bulan yang diterima lang sung oleh Instansi Polri dari Departemen keuangan, selanjutnya dikelola dan didistribusikan ke fasilitas kesehatan Polri yaitu Poliklinik Polri dan Rumah Sakit Bhayangkara atau dengan cara lain yaitu penggantian biaya (restitusi). Diterbitkannya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang bertujuan memberi kepastian perlindungan serta kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sejatinya merupakan eluang bagj DPK Polri untuk dilakukan reformasi dalam pengelolaannya. Penelitian ini dilakukal'l agar ditemukan aturan hukum yang tepat sesuai dengan prinsip-prinsip hukum yang terkandung dalam SJSN guna menjawab isu hukum ~ang sekarang sedang dihadapi dalam pengelolaan DPK Polri secara koheren sehingga diharapkan dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan akan hak jaminan kesehatan bagi Pegawai Negeri pada Polri beserta keluarganya. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa hal yang sangat prinsip yaitu Penyelenggaraan DPK Polri belum mengacu Pasal 19 UndangUndang SJSN yang mengatakan bahwa jaminan kesehatan diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas. Saat ini DPK Polr! dikelola secara internal Polri, tidak melalui Badan Penyelenggara Asuransi Sosial. Selain itu, pengelolaan DPK Polri tidak sesuai dengan Pasal 47 yang mengatakan bahwa "Dana Jaminan Sosial wajib dikelola dan dikembangkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial secara optimal dengan mempertimbangkan aspek Iikuiditas, solvabilitas, kehati-hatian, keamanan dana, dan hasil yang memadai". Pengelolaan DPK Polri Ciikelola secara internal oleh Polri tidak melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam undang-undang SJSN, BPJS yang mengelola jaminan kesehatan adalah Pi. Jamsostek dan PT Askes. Hanya saja PP Nomor 69 Tahun 1991 Tentang Askes dan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 Tentang Jamsostek tidak mengatur Pegawai Negeri pad a Polri. PT Askes juga tidak mengelola jaminan kesehatan kerja yang sangat dibutuhkan oleh anggota Polri mengingat anggota Polri mempunyai risiko yang sangat tinggi dalam melaksanakan pekerjaannya. PT. Jamsostek yang mengelola Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), saat ini masih hanya pada sektor swasta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
> 610 Medicine and health
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:28
Last Modified: 05 Mar 2019 03:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18067

Actions (login required)

View Item View Item