EFEKTIVITAS MEDIASI BERDASARKAN PERA TURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 2 TAHUN 2003 DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERDATA 01 PENGADILAN NEGERI

Koseky, Teguh Watu Jaya (2007) EFEKTIVITAS MEDIASI BERDASARKAN PERA TURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 2 TAHUN 2003 DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERDATA 01 PENGADILAN NEGERI. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
1-BAB-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
2-BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
3-BAB-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
4-BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
5-BAB-5.pdf

Download (655kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (489kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mediasi di pengadilan merupakan salah saw Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ketentuannya diatur aalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2003 tentang Prosedur Mediasi dl Pengadilan. Penumpukan perkara yang terjadi pada tingkat kasasi membuat Mahkamah Agung merrulih medias: sebaqai solusi yang dianggap efekiif untuk menqatasi masalah tersebut Hal Inl dikarenakan penerapan mediasi khususnya dl penqaduan negeri diharapkan dapat rr-enyelesaikan perkara-perkara perdata yang masuk pada pengadllan ting\at pertama sehmgga udak berlanjut ke tmgkat yang lebih tmggi terutama kasasi. Tujuan penet.tian rru adalah untuk mengclahui efektivrtas mediasi berdasarkan Peraluran Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2003 dalam penyelesaian perkara perdala di pengadilan negeri aan untuk mengetahui faktor- taktor penghambal pelaksanaan meorasi dl pengadilan negeri. Penelitian dilakukan dengan pendekatan yuridis empiris. metode yang dipakai adalah kuahtanf Spesifikas: pene itran deskr puf ana litis t.okasi penehtian bertempal di penqaduan negeri Van masuk dalam wilayah hukum Penqacilan Tinggi Jawa Tengah Obyek penelitiannya adalan pelaksanaan mediasi di penqadrlan negen, leknik pengumpulan data menggurakan dua cara yaitu rnelalut studi pustaka dan stud lapanqan :v/a'Nancara dan observasi). Penelitian menqenat meo.asi oeraasarkan Peraturan Mahkamah A9un9 Nornor 2 Tahun 2003 dalam penyelesaran per ara perdata dl pengadilan negeri memperoleh hastl bahwa med aSI belurn berjalc n secara efekt f Dikatakan belum efektlf karena dari hasrl penel tian drketatxn bahwa dl masmq-masrnq pengadilan negeri hanya ada beberapa perkara perdata yang dapat crsetesatkan dengan perd . Pengadilan Negeri Surakarta tingkat keberhasuannya 2067%. Pengadilan Negeri Kabupaten tingkat kebernasuannya 0 S6c J dan Penqadilan Negeri Salatiga lingkal keberhasrlannya 0 69%. Secara keseluruhan dari lokasi peneliuan diketahui tmqkat keberhasilannya hanya 1 27% nl berarti bahwa jumlah r.errnohonan kasasi terutarna dari perxara perdata mas h sangat t nggl karena pada peradllan trngkat I oelum mampu nemberd yakan lembaga medias: untuk menyetesaikan perkara perdata secara tuntas. Sehmgga demikian dapat disimpulkan bahwa mediasi berdasarkan PERMA Nomor 2 Tahun 2003 dalam penyeleraian perkara ,erdala di pengad Ian neger efeknvuasnya belum berjalan sesuai dengan yang oiharapkan. Faktor-fa tor yang menghambat pelaksanaan mediasi di pengadilan negen ini anlara lam kurangnya sosiallsast lembaga mediasi c. an komilmen pengadilan, minirnnya ketersediaan mediator profesional di pengadilan negeri s kap hakim yang cenderung pasit; ke idaknacnran para pihak yang bersengketa: kurangnya kesadrran dan kejujuran para pihak minimnya kelersediaan sarana mediasi di pengadilan negeri dan kurangnya pmfesionalisme dan komitmen advokat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:35
Last Modified: 04 Nov 2020 03:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17875

Actions (login required)

View Item View Item