PENGARUH GOAL DIFFICULTY DAN GOAL SPECIFICITY TERHADAP KINERJA INDIVIDU DENGAN PENERAPAN SKEMA SISTEM INSENTIF BERBASIS QUOTA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Hartono, Yudi (2014) PENGARUH GOAL DIFFICULTY DAN GOAL SPECIFICITY TERHADAP KINERJA INDIVIDU DENGAN PENERAPAN SKEMA SISTEM INSENTIF BERBASIS QUOTA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
0-COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text (BAB I)
1-BAB 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
2-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
3-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB IV)
4-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB V)
5-BAB 5.pdf

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penerimaan akan sebuah target yang hendak dicapai akan memberikan motivasi bagi bawahan untuk memiliki kinerja baik meski target yang harus dicapai sulit. Hal ini dijelaskan dalam goal setting theory yang menyatakan bahwa penetapan target yang dapat dilakukan individu akan dapat meningkatkan kinerja, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah adanya umpan balik atau insentif yang diberikan. umpan balik ini dijelaskan dalam reinforcement theory, menurut teori ini sikap atau perilaku seseorang dipengaruhi oleh konsekuensi baik positif maupun negatif yang ditimbulkan dari sikap atau perilaku yang dipilihnya tcrsebut. Beberapa penelitian yang dilakukan dari pengaruh kondisi penetapan target terhadap kinerja mendukung goal setting theori sedangkan penelitian lainnya menyatakan bahwa penetapan target tidak memiliki pengaruh tcrhadap kinerja individu. Maka dalam penelitian ini saya akan menguji kembali efek penetapan target terhadap kinerja individu dengan pemberian insentif dengan skema quota. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan sampel yaitu mahasiswa dan dosen Unika Soegijapranata yang diambil secara acak. Hasil dari penelitian ini ditemukan bukti bahwa dengan pemberian insentif quota kinerja individu tertinggi ada pada subjek dengan kondisi penetapan target mudah dan tidak spesifik, hal ini berlawanan dengan prinsip goal setting theory yang menyatakan bahwa motivasi kinerja tertinggi ada pada kondisi penetapan target sulit dan spesifik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Performance Appraisal
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:58
Last Modified: 22 Oct 2020 04:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17864

Actions (login required)

View Item View Item