Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Nilai Perusahaan dengan Mekanisme Corporate Governance (CG) sebagai Variabel Pemoderasi

Claudia, Gita (2016) Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Nilai Perusahaan dengan Mekanisme Corporate Governance (CG) sebagai Variabel Pemoderasi. Other thesis, Soegijapranata Catholic Soegijapranata.

[img] Text
SKRIPSI GITA CLAUDIA 12.60.0264.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mencari bukti empiris pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, (2) mencari bukti empiris pengaruh investment opportunity set (IOS) terhadap nilai perusahaan, (3) mencari bukti empiris mekanisme corporate governance (CG) mampu memoderasi hubungan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, (4) mencari bukti empiris mekanisme corporate governance (CG) mampu memoderasi hubungan investment opportunity set (IOS) terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini kinerja keuangan diukur dengan proxy yang mewakili masing-masing rasio, rasio profitabilitas diproksikan dengan Return on Equity (ROE), rasio pasar diproksikan dengan Price Earning Ratio (PER), rasio likuiditas diproksikan dengan Quick Ratio (QR), rasio solvabilitas diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), dan rasio aktivitas diproksikan dengan Total Asset Turnover (TATO). Investment opportunity set (IOS) akan diukur dengan market to book value of equity Mekanisme corporate governance akan diproksikan dengan kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan kepemilikan institusional. Nilai perusahaan akan diukur dengan Tobin’s Q. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2014. Terdapat 267 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kinerja keuangan yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) dan Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan, (2) kinerja keuangan yang diukur dengan Return on Equity (ROE), Quick Ratio (QR), dan Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan, (3) kinerja keuangan yang diukur dengan Price Earning Ratio (PER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (4) mekanisme Corporate Governance yang diukur dengan persentase kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi return on equity (ROE), price earning ratio (PER), quick ratio (QR), debt to equity ratio (DER), total asset turnover (TATO) dan investment opportunity set (IOS), (5) mekanisme Corporate Governance yang diukur dengan persentase komisaris independen mampu memoderasi quick ratio (QR), total asset turnover (TATO), dan investment opportunity set (IOS), (6) mekanisme Corporate Governance yang diukur dengan persentase kepemilikan institusional mampu memoderasi quick ratio (QR), debt to equity ratio (DER), total asset turnover (TATO), investment opportunity set (IOS), (7) mekanisme Corporate Governance yang diukur dengan persentase Kepemilikan Institusional tidak mampu memoderasi return on equity (ROE) dan price earning ratio (PER).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Income
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Ms Gita Claudia
Date Deposited: 21 Jan 2019 00:24
Last Modified: 22 Aug 2022 05:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item View Item