Air, Anak dan Video Kelayakan Internalisasi 'Water Literacy' Pada Anak di Semarang Melalui Pembuatan Film Air Partisipatif

PRABOWO, DWI (2009) Air, Anak dan Video Kelayakan Internalisasi 'Water Literacy' Pada Anak di Semarang Melalui Pembuatan Film Air Partisipatif. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
07.91.0002 Dwi Prabowo Cover.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB 1)
07.91.0002 Dwi Prabowo BAB-1.pdf

Download (30MB)
[img] Text (BAB 2)
07.91.0002 Dwi Prabowo BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (BAB 3)
07.91.0002 Dwi Prabowo BAB-3.pdf

Download (25MB)
[img] Text (BAB 4)
07.91.0002 Dwi Prabowo BAB-4.pdf

Download (28MB)
[img] Text (BAB 5)
07.91.0002 Dwi Prabowo BAB-5.pdf

Download (5MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.91.0002 Dwi Prabowo Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07.91.0002 Dwi Prabowo Lampiran.pdf

Download (85MB)

Abstract

Degradasi kualitas air telah menjadi isu penting beberapa dekade ini. Penggunaan sumberdaya yang tidak berkelanjutan, khususnya air telah menyebabkan permasalahan yang serius. Internalisasi literacy air kepada masyarakat Iuas menjadi kunci untuk mengatasi permasalahan ini. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak orang tidak paham terhadap siklus hidrologi yang berdampak pada penggunaan air yang tidak berkelatifutan. Parlisipasi anak secara akliJ metifadi sangal penling. Pelibalan anak secara akliJ dalam agenda penyelamatan lingkungan akan membefday kan anak dan mampu menjadi pengambil kepulusan di masyarakat yang lebih lUGS nanlihya. Film. sebagf!.i.J!.enluk expresi visual dan rekonslruksi realilas sosial tel ah metifadi media yang eJekty yang mampu mengikal penontonnya. Film juga me iliki kekualan untuk mengkomunikasikan i ecara realislis dan kongkrel yang tidak bisa dilakukan bahasa verbal. Film ddpal menjalii media yang eJektiJ unluk internalisasi water literacy-unluk lujuan perubahan perilaku masyarakal terkail dengan penggunaan sumberdaya air yang berkelatifulan. Tujuan dari sludi ini adalah untuk melihal kelayakan internalisasi water lileracy melalui pembualan film dir..,partisipatiJ oleh anak SMP Kelas 7 - 8 di KOla Semarang. SMP Karangluri dan S Karliyoso dipilih sebag i P,g.'tisipan dalam sludi inJ,-Empal kelompok dibenluk dari keduo SMP berdasarkan keminalaTL'WIluk lerlibal dalam pembualan film air yang trFasin - nasing ierdiri dari empal orang. KeI0':FOk lersebul kemudian lerUbal dalam proses pem uatan film air yang le"'pri empat Ibhllpan. Perlama, peTbenlukan lCelompok film; kedua, tiap kelompak mendiskusikan isu lerkail keberlanjutan dan Gicres sumberdaya air' ketilsa, workshop pembualan film air pa~ll~ipaliJ; keempal, pembualan film air. Inlemali.asiwaler literacy melalui p mbualan firm air par/isipatiJ da I membe dayakan anak seGara personal, kolekliJ dan rei ional. Hasil sludi menutifukkan . danya komponen partisipasi anak yang eJektiJ dalam proses pembua an film air yailu: res peel, supporl, opporlunity and responsibility. Dengan demikian pelibalan unak secara aktiJ lIalam proses pembualan film dapal mimjadi cora yang eJektiJ unluk in/h n"lisasi water literacy.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
Divisions: Graduate Program in Environment and Urban Studies
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:10
Last Modified: 05 Dec 2018 08:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17604

Actions (login required)

View Item View Item