Evaluasi Sistem Pengendalian Internal dalam Siklus Piutang pada PT Subendwipa Jaya Semarang

Giovanni, Maxentia (2018) Evaluasi Sistem Pengendalian Internal dalam Siklus Piutang pada PT Subendwipa Jaya Semarang. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text (BAB I)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB II)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB III)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB V)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).DAPUS.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.G1.0035 MAXENTIA GIOVANNI (6.5).LAMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Topik penelitian ini dipilih karena sistem pengendalian internal diperlukan oleh PT Subendwipa Jaya khususnya dalam hal penagihan dan penerimaan piutang agar dapat mendukung kegiatan perusahaan. Aktivitas penagihan dan penerimaan piutang di evaluasi berdasarkan lima komponen sistem pengendalian internal yaitu lingkungan pengendalian, informasi dan komunikasi, penilaian risiko, aktivitas pengendalian serta pemantauan. Kemudian dianalisis untuk menentukan kekuatan dan kelemahan sistem pengendalian internal serta memberikan solusi yang diperlukan. Penulis menganalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data dari hasil wawancara dan data sekunder dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis kelima komponen sistem pengendalian internal terhadap aktivitas penagihan dan penerimaan piutang disimpulkan komponen terbaik adalah pemantauan dan komponen terburuk adalah informasi dan komunikasi. PT Subendwipa Jaya memerlukan perbaikan kebijakan seperti pelanggan diharapkan melakukan pembayaran dengan cara transfer, bagian penagihan sebaiknya melakukan rolling tugas kolektor setiap setahun sekali, melakukan penilaian kinerja setiap satu atau dua kali dalam setahun serta perbaikan Standard Operating Procedures (SOP). Perbaikan SOP paling penting yaitu bagian penagihan seharusnya melakukan konfirmasi kepada pelanggan yang belum melunasi piutang dan bagian piutang perlu melakukan pengawasan kepada bagian penagihan setelah bagian penagihan menyetor kas ke bank. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Penagihan dan Penerimaan Piutang, SOP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:42
Last Modified: 19 Nov 2018 04:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17358

Actions (login required)

View Item View Item