Pengaruh Persepsi Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan di Semarang)

Nugraha, Christina (2018) Pengaruh Persepsi Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan di Semarang). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text (BAB I)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).BAB III.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).BAB IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text (BAB V)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).DAPUS.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.60.0075 CHRISTINA NUGRAHA (3.15).LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai memahami persepsi karyawan terhadap CSR sangat penting karena pemahaman tersebut secara signifikan dapat mempengaruhi perilaku kerja karyawan (Bargh dan Burrwos, 1996 dalam Ante Glavas, 2014). Dukungan karyawan terhadap tujuan perusahaan diwujudkan dalam bentuk komitmen karyawan dalam berorganisasi. Kepuasan kerja karyawan akan memunculkan kinerja dan prestasi karyawan yang bagus, sehingga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan terkait prestasi perusahaan di lingkungan publik. Oleh karena itu, persepsi karyawan terhadap CSR sangat penting untuk memunculkan kondisi lingkungan kerja yang baik yang akan berpengaruh pada kinerja karyawan dan perusahaan itu sendiri. Penelitian replikasi dilakukan karena penelitian sebelumnya (Ante Glavas, 2014) masih memiliki limitasi untuk penelitian selanjutnya. Salah satu limitasinya adalah penelitian bisa dikembangkan dengan menambahkan variabel moderasi yaitu perbedaan karakter individu. Alasan menambahkan dan memilih variabel LOC dalam penelitian adalah ada limitasi penelitian sebelumnya untuk mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel moderasi terkait perbedaan karakter individu. Perbedaan karakter individu ada beraneka ragam salah satunya adalah variabel Locus of Control (Bello, 2001) dalam (Ratno Purnomo dan Sri Lestari, 2010). Perbedaan karakter individu bisa dilihat dari bagaimana respon seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, apakah individu memiliki kepercayaan diri untuk mampu mengerjakan sebuah pekerjaan atau memiliki kepercayaan diri yang rendah. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap perusahaan manufaktur yang menerapkan Corporate Social Responsibility di Semarang. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan mediasi meaningfulness (kebermaknaan) dan Perceived Organizational Support (POS) antara PCSR (persepsi tanggung jawab sosial perusahaan) terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Selain itu ada hubunngan Locus of Control memoderasi hubungan antara PCSR (persepsi tanggung jawab sosial perusahaan) terhadap kepuasan kerja, tetapi tidak memoderasi hubungan antara PCSR (persepsi tanggung jawab sosial perusahaan) terhadap komitmen organisasi. Kata kunci : PCSR (perceived corporate social responsibility), kepuasan kerja, komitmen organisasi, meaningfulness (kebermaknaan), POS (perceived organizational support), LOC (locus of control).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:36
Last Modified: 19 Nov 2018 04:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item