Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Pemoderasi

Nastiti, Hersicha Arumpuspa Ajeng (2018) Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Pemoderasi. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB II)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text (BAB V)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).DAPUS.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12.60.0142 HERSICHA ARUMPUSPA AJENG N (9.75).LAMP.pdf

Download (392kB)

Abstract

Konsekuensi paling fatal yang merupakan akibat dari praktik manajemen laba adalah hilangnya kepercayaan dan dukungan dari para stakeholder. Stakeholder akan memberikan respon negatif berupa tekanan dari pemegang saham,sanksi dari pembuat regulator, ditinggalkan oleh rekan kerja, boikot dari aktivis, dan pemberitaan yang negatif di media massa. Tujuan dalam penelitian ini Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia BEI pada tahun 2010-2015 sebanyak 117 perusahaan. Dan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan pendekatan purposive sampling yaitu metode penelitian sampel berdasarkan pertimbangan ataupun kriteria tertentu. Dengan mempertimbangkan tujuan penelitian, kriteria yang ditetapkan adalah pertama, perusahaan manufaktur yang mempublikasikan laporan mengenai kegiatan CSR pada laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangannya secara kontinyu selama 3 tahun baik secara fisik maupun melalui website www.idx.co.id atau website masing-masing perusahaan, namun setelah data dikumpulkan oleh peneliti, ternyata terdapat 88 perusahaan yang tidak secara kontinyu mempublikasikan laporan tahunannya, kedua,bermata uang rupiah namun terdapat 1 perusahaan yang tidak bermata uang rupiah, serta terdaftar dalam Proper 3 tahun berturut-turut, namun terdapat 14 perusahaan yang tidak terdaftar dalam PROPER 3 tahun berturut-turut. Dari kriteria diatas pada penelitian ini didapatkan sampel sejumlah 14 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah Reghresi Lineir berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Semakin tinggi CSR maka nilai perusahaan juga akan tinggi, begitu pula sebaliknya semakin rendah CSR maka nilai perusahaan juga akan rendah. Tingkat manajemen laba akan memperkuat maupun memperlemah hubungan antara CSR dan nilai perusahaan. Kata kunci : Corporate Sosial Responsibility, nilai perusahaan dan Tingkat manajemen laba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Corporate Social Responsibility
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:03
Last Modified: 19 Nov 2018 04:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item