KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK DENGAN KETIDAKMAMPUAN INTELEKTUAL TARAF SEDANG

Pesau, Heni Gerda (2018) KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK DENGAN KETIDAKMAMPUAN INTELEKTUAL TARAF SEDANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text (BAB I)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB II)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB IV)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).BAB IV.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB V)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB VI)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).BAB VI.pdf

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).DAPUS.pdf

Download (267kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.E3.0084 HENI GERDA PESAU (0.51).LAMP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan bina diri anak dengan ketidakmampuan intelektual taraf sedang pada aktivitas makan, berpakaian, toileting, dan kebersihan diri serta faktor yang mempengaruhi kemampuan bina diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi pada lima subjek penelitian berusia 7 – 12 tahun yang telah didiagnosis mengalami ketidakmampuan intelektual taraf sedang. Peneliti juga melakukan wawancara kepada significant others sebanyak sebelas orang. Data akan dianalisis menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan kelima subjek memiliki tingkat kemampuan bina diri yang berbeda pada masing-masing aspek dan masih mendapat bantuan baik dari guru maupun orangtua pada beberapa aktivitas. Hal tersebut dipengaruhi faktor internal berupa kendala fisik dan motorik yang ditunjukkan subjek kedua dan faktor eksternal seperti peran orangtua, cara melatih bina diri, dan perbedaan sikap yang ditunjukkan orangtua. Faktor masalah perilaku tidak ditemukan dalam penelitian ini, sedangkan program bina diri dan kerja sama orangtua dan sekolah sebagai faktor eksternal hanya ditemukan pada subjek kedua dan keempat. Kata Kunci: ketidakmampuan intelektual sedang, kemampuan bina diri, faktor-faktor

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:57
Last Modified: 19 Nov 2018 03:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17319

Actions (login required)

View Item View Item