PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU GRATIFIKASI (STUDI KASUS PERKARA NOMOR 161/PID.SUS-TPK/2015/PN SMG DI PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI SEMARANG)

Lestari, Diana (2018) PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU GRATIFIKASI (STUDI KASUS PERKARA NOMOR 161/PID.SUS-TPK/2015/PN SMG DI PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI SEMARANG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.C1.0034 DIANA LESTARI (5.73).COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
14.C1.0034 DIANA LESTARI (5.73).BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB II)
14.C1.0034 DIANA LESTARI (5.73).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
14.C1.0034 DIANA LESTARI (5.73).BAB III.pdf

Download (777kB)
[img] Text (BAB IV)
14.C1.0034 DIANA LESTARI (5.73).BAB IV.pdf

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.C1.0034 DIANA LESTARI (5.73).DAPUS.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.C1.0034 DIANA LESTARI (5.73).LAMP.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian hukum dengan judul “Penerapan Pidana Terhadap Pelaku Gratifikasi (Studi Kasus Perkara Nomor 161/PID.SUS-TPK/2015/PN Smg di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang)” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pidana terhadap pelaku gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, dan hambatan-hambatan yang dihadapi hakim dalam menerapkan pidana terhadap pelaku gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Elemen yang diteliti oleh penulis meliputi putusan kasus gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang (Nomor161/Pid.Sus-TPK/2015/PN Smg.), hakim yang memutus pidana terhadap pelaku gratifikasi dan peraturan perundang-undangan yang terkait. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara dan analisis terhadap peraturan perundang-undangan dan pendapat para ahli sebagai teknik utama pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan cara menganalisis isi (elemen) penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pidana terhadap Pelaku Gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang untuk Kasus Perkara Nomor161/Pid.Sus-TPK/2015/PN Smg di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang diberikan dengan melihat pertimbangan fakta, pertimbangan hukum serta pertimbangan sosiologis. Dalam memutus perkara tindak pidana korupsi untuk menerapkan pasal dalam setiap perkara, hakim berlandaskan pada fakta persidangan dan alat bukti. Tujuan dari pemidanaan dalam hal ini bukanlah dimaksudkan sebagai balas dendam kepada Terdakwa, akan tetapi dimaksudkan sebagai upaya mendidik Terdakwa ataupun masyarakat dimana Terdakwa dapat menyadari kesalahannya dan untuk masyarakat penerapan pidana dapat dijadikan tindakan preventif, edukatif dan korektif untuk tidak melakukan gratifikasi. Pidana yang diterapkan terhadap Terdakwa adalah sesuai dengan tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum, dimana hal tersebut telah dirasa adil dan bermanfaat oleh Hakim. Hambatan-hambatan yang dihadapi hakim ketika memutus perkara gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang adalah hambatan internal dan eksternal. Adapun saran yang diberikan adalah Pemerintah harus lebih pro-aktif memberikan informasi dan edukasi terhadap pegawai pemerintah dan masyarakat agar terhindar dari melakukan tindak pidana korupsi pada umumnya dan gratifikasi pada khususnya. Pemerintah dalam hal ini aparat penegak hukum seharusnya tidak tebang pilih dalam memeriksa perkara. Hakim harus bepegang teguh pada prinsip keadilan, manfaat dan kepastian dalam memutus perkara tindak pidana korupsi, agar pidana yang diterapkan sesuai dengan kesalahan yang dibuat oleh pelaku. Kata kunci : Penerapan Pidana, Korupsi, Gratifikasi, Pelaku Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
300 Social Sciences > 350 Public administration & military science > Corruption
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:25
Last Modified: 19 Nov 2018 02:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item